candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING BERBASIS PROBLEM SOLVING DILENGKAPI HANDOUT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR

Nanik Dwi Nurhayati, JS. - Sukardjp

Abstract


Telah dilakukan penelitian Cooperative Learning berbasis Problem Solving yang dilengkapi Handout pada mata pelajaran kimia di kelas X.2 ICT 2 SMA Muhammadiyah 1Karanganyar. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran Cooperative berbasis Problem Solvingdapat meningkatkan aktivitas belajar pada siklus 1 sebesar 75,63% menjadi 80,56% pada siklus 2. Prestasi belajar kognitif pada siklus 1 sebesar 72,51% menjadi 80,28% pada siklus 2, serta prestasi belajar afektif  pada siklus 1 sebesar 50% menjadi 72,22%.  

Refbacks

  • There are currently no refbacks.