candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR FORMAL DAN LITERASI SAINS PADA SISWA KELAS X SMA KRISTEN 1 SURAKARTA

Dyah - Puspitarini, Bowo - Sugiharto, Yudi - Rinanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir formal dan literasi sains siswa kelas X SMA Kristen 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment research) menggunakan desain penelitian Post-test Only Non-equivalent Control Group Design dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Sampel terdiri dari 43 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu 22 siswa kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning dan 21 siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Semester Genap di SMA Kristen 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda beralasan, tes uraian, observasi keterlaksanaan sintak dan dokumentasi data nilai ulangan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji manova dengan bantuan SPSS 21.

Hasil penelitian menunjukan nilai F hitung sebesar 4,016 dan nilai sig. 0,016 untuk nilai kemampuan berpikir formal siswa. Penelitian kemampuan literasi sains siswa didapatkan F hitung sebesar 3,409 dengan nilai sig. 0,044. Sehingga Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir formal dan literasi sains siswa dalam kelompok antara kelas eksperimen dan kontrol berbeda nyata.

Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir formal dan literasi sains siswa pada kelas X SMA Kristen 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014.
  

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.