candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR REAKSI REDOKS MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) MEDIA FUN THINKERS

Sri Yani Widyaningsih

Abstract


Pembelajaran model Teams Games Tournaments (TGT) melalui media Fun Thinkers pada Penelitian Tindakan Kelas ini, bertujuan: meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar kimia. Penelitian dilaksanakan pada semester 2, bulan Januari s/d April tahun pelajaran 2013/2014. Subyek penelitian adalah kelas X-9 sejumlah 31 siswa, materi reaksi redoks, Madrasah Aliyah Negeri Parakan Temanggung. Penelitian dilaksanakan secara siklis yaitu dibagi menjadi dua siklus yang berlangsung secara berkesinambungan. Setiap siklus terdiri atas empat kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Terdapat dua data yang dianalisis, yaitu: 1). data kualitatif:  observasi setiap siklus, wawancara langsung, dan wawancara tertulis, 2). data kuantitatif, berupa: nilai prestasi kognitif pada setiap siklus. Analisis data kuantitatif akhir siklus diperoleh: 1) siklus I: nilai rata-rata 61,935, ketuntasan belajar 19,36%, atau 6 siswa telah mencapai ketuntasan, 2). siklus II: nilai rata-rata 67,06, ketuntasan belajar sebesar 48,39%, atau 15 siswa telah mencapai ketuntasan. Analisis data kualitatif terjadi peningkatan aktivitas belajar siklus I dan siklus II. Diperoleh kesimpulan bahwa Model Teams Games Tournaments (TGT) melalui media Fun Thinkers: 1). model pembelajaran inovatif, mampu meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar kognitif 2). pembelajaran yang menyenangkan bagi sebagian besar siswa kelas X-9, 3). cocok diterapkan pada reaksi redoks, siswa Madrasah Aliyah Negeri Parakan Temanggung.  

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.