candi borobudur kerajaan di indonesia

Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Representasi Kimia pada Materi Sifat Koligatif Larutan Non Elektrolit

Siti Sholikhah, Ila Rosilawati, M. Setyarini

Abstract


Abstract: The success of the teaching and learning process is influenced by the interaction between students and learning resources. This is very necessary to maximize learning and avoid misconceptions in students' understanding, especially in chemistry subjects. Unfortunately, many learning resources are still available today that are not interactive and are not based on chemical representations. Therefore, this study aims to develop an interactive e-book based on chemical representations of the colligative properties of non-electrolyte solutions and to determine the responses of teachers and students to the interactive e-books that have been developed. According to Borg and Gall, this type of research uses the R&D method, which is only carried out until the fifth stage. The characteristics of the interactive e-book developed, starting with discourses related to everyday life phenomena accompanied by pictures based on chemical representations, equipped with identification columns, explanation columns, observation tables, and interactive evaluation questions. Expert validation and the results of teacher responses indicate that the aspects of content suitability, construction, and readability all have very high criteria. The results of student responses to aspects of attractiveness and readability have very high criteria. These results state that the product developed is valid and feasible to use.

Abstrak: Keberhasilan proses belajar mengajar dipengaruhi oleh interaksi antara siswa dengan sumber belajar. Hal ini sangat diperlukan untuk memaksimalkan pembelajaran dan menghindari miskonsepsi dalam pemahaman siswa khususnya pada mata pelajaran kimia. Sayangnya, masih banyak sumber belajar yang tersedia saat ini yang tidak interaktif dan tidak berbasis pada representasi kimia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif berbasis representasi kimia pada sifat koligatif larutan non-elektrolit dan untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap e-book interaktif yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini menggunakan metode R&D menurut Borg and Gall yang hanya dilakukan sampai tahap kelima yaitu tahap revisi hasil uji coba. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Karakteristik e-book interaktif yang dikembangkan, dimulai dengan wacana terkait fenomena kehidupan sehari-hari disertai gambar berdasarkan representasi kimia, dilengkapi dengan kolom identifikasi, kolom penjelasan, tabel observasi, dan soal evaluasi interaktif. Validasi ahli menunjukkan bahwa aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan semuanya memiliki kriteria sangat tinggi. Hasil tanggapan guru terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan serta hasil tanggapan siswa terhadap aspek daya tarik dan keterbacaan masing-masing memiliki kriteria sangat tinggi. Hasil tersebut menyatakan bahwa produk yang dikembangkan valid dan layak digunakan.


Keywords


e-book interaktif, representasi kimia, sifat koligatif larutan non elektrolit

Full Text:

PDF

References


Akrim, Sulasmi, E., Eriska, P., & Hidayat, F. P. (2020). Kampus Merdeka di Era new Normal Ditinjau dari Perspektif Ilmu Pengetahuan. In Book Chapter Covid 19 & Kampus Merdeka di Era new Normal Ditinjau dari Perspektif Ilmu Pengetahuan (Vol. 4).

Arikunto, S. (2008). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191

Borg, W.R, & Gall, M.D. (1989). Educational Research: An Introduction Fifth Edition. New York Longman. Farida, I., Liliasari, L., Widyantoro, D. H., &

Sopandi, W. (2010). Representational Competence’s Profile of Pre-Service Chemistry Teachers in Chemical Problem Solving. 4th International Seminar of Science Education, Bandung, 30.

Hatmo, S. H. D. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 115–122.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Johnstone, A. H. (1982). Macro and microchemistry. Chemistry in Britain, 18(6), 409-410.

Langa, V., Suparmi, N. W., & Kua, M. Y. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Interaktif untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 78–88. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/41496

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran (sebuah pendekatan baru). Jakarta: Gaung Persada (GP) Pers.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Sari, D. ., Fadiawati, N., & Tania, L. (2017). Efektivitas E-Book Interaktif Asam Basa Berbasis Representasi Kimia dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 7(2), 237–250.

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582

Sukmadinata, N.S. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprapto, E., Apriandi, D., & Pamungkas, I. P. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 124–130. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.4089

Treagust, D. F., & Chittleborough, G. (2007). The Modelling Ability of Non-major Chemistry Students and Their Understanding of the Sub-microscopic Level. Chemistry Education Research and Practice, 8(3), 274–361.

Triyono, M. B., Wardani, R., Hariyanto, D., & Subhan, A. (2012). Pengembangan Interaktif E-Book dari Sisi Pedagogik, Teknologi Perangkat Lunak Serta Media yang Digunakan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Zhang, D. (2005). Interactive Multimedia-Best E-Learning: A Study of Effectiveness. Amerika: The American Journal of Distance Education, 19(3): 149-162.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.