candi borobudur kerajaan di indonesia

Pengembangan Modul IPA Interaktif Berbasis Guided Discovery Learning Materi Sistem Ekskresi pada Manusia Kelas VIII SMP Darul Fikr Andong

Ella Susila, Anggun Zuhaida

Abstract


Abstract: This study aims to determine the characteristics, feasibility, practicality and results of trials using interactive science modules based on guided discovery learning excretion system material in class VIII humans at SMP Darul Fikr Andong. This research is a research and development (R&D) type of research adapted from Borg & Gall. The research instrument used was a four-point Likert scale questionnaire, pre-test and post-test questions, as well as documentation. The results showed that the characteristics of the module, namely in the preparation of the module were adjusted to the steps of the guided discovery learning model, besides that the discussion activities also included a teacher's comment column which could be used to write down the teacher's suggestions and comments on the results of the discussions that had been carried out. The feasibility of the module is known based on expert judgment and a percentage of 88% is obtained, including the "Very Eligible" category. The practicality of the module is known based on the assessment given by the science teacher and limited trial class students. The practicality percentage of the module based on the science teacher's assessment was 91.41%, including the "Very Practical" category, and the percentage of student assessments was 90.4%, including the "Very Practical" category. The results of the trial use of the module were reviewed based on student learning outcomes and obtained an average N-gain score of students who used the module of 0.72 in the "High" category, while the average N-gain score of students who did not use the module was 0.51 in the "Moderate" category.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, kepraktisan dan hasil uji coba penggunaan modul IPA interaktif berbasis guided discovery learning materi sistem ekskresi pada manusia kelas VIII SMP Darul Fikr Andong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D) mengadaptasi dari Borg & Gall. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket skala Likert empat poin, soal pre-test dan post-test, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik modul, yaitu dalam penyusunan modul disesuaikan dengan langkah-langkah model guided discovery learning, selain itu pada kegiatan diskusi juga dimuat kolom komentar guru yang dapat digunakan untuk menuliskan saran dan komentar guru terhadap hasil diskusi yang telah dilakukan. Kelayakan modul diketahui berdasarkan penilaian ahli dan diperoleh persentase sebesar 88%, termasuk kategori “Sangat Layak”. Kepraktisan modul diketahui berdasarkan penilaian yang diberikan oleh guru IPA dan siswa kelas uji coba terbatas. Persentase kepraktisan modul berdasarkan penilaian guru IPA sebesar 91,41%, termasuk kategori “Sangat Praktis”, dan persentase penilaian siswa sebesar 90,4%, termasuk kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji coba penggunaan modul ditinjau berdasarkan hasil belajar siswa dan diperoleh rata-rata N-gain score siswa yang menggunakan modul sebesar 0,72 dengan kategori “Tinggi”, sedangkan rata-rata N-gain score siswa yang tidak menggunakan modul sebesar 0,51 dengan kategori “Sedang”.


Keywords


Guided discovery learning, interaktif, IPA, modul, pengembangan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Artini, Ni Made Rai Sri, dkk. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 6. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Dini, Praba Kurnia. (2011). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Perubahannya. Skripsi. Lampung: Unila.

Fatikhah. (2015). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Hake, Richard R. Analyzing Change/Gain Scores. Diakses tanggal 25 April 2021 melalui www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf.

Haryoko, Sapto. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro. Vol. 5 (1): 1-10.

Kurniawan, Herry Cahya, dkk. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Keterampilan Inkuiri, Keterampilan Metakognisi, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII MTsN Panglungan. Makalah Diterbitkan dalam Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surakarta.

Mayer, Richard E. (2004). Should There Be A Three-Strikes Rule Againt Pure Discovery Learning: The Case for Guided Methods of Instruction. American Psychologist. Vol. 59 (1): 1-14.

Melani, R., Harlita, dan Sugiharto. (2012). Pengaruh Metode Guided Discovery Learning Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi. Vol. 4 (1): 97-105.

Poedjiadi, Anna. (2010). Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: UPI dan Remaja Rosdakarya.

Rahardian, Renan & Azni Ananda. (2015). Mini Book Master Biologi. Jakarta: Wahyumedia.

Rohmah, Ni’matur & Julianto. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 9 (9): 3369-3383.

Saputro, Budiyono. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Nunuk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Wena, Made. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Yulianti, Eka. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Yusuf, Muri. (2014). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Pranamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.