candi borobudur kerajaan di indonesia

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Socio-Scientific Issues Di Kelas VII MTS Roudlotul Furqon Tahun Pelajaran 2021/2022

Afridha Yudha Prabowo, Anggun Zuhaida

Abstract


Abstract: This study aims to determine the increase in critical thinking skills on environmental pollution material through the Socio-Scientific Issues (SSI) learning model. This type of research is Classroom Action Research (CAR). The subjects of this study were science teachers and students of class VII B MTs Roudlotul Furqon, totaling 25 students, with details of 12 male students and 13 female students. PTK consists of two cycles where each cycle consists of 4 stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. Data collection techniques in this study used tests, observation sheets, and documentation. Critical thinking data analysis is that students are able to achieve the indicators of critical thinking that have been determined, namely the high category and are marked by an increase in the Classical Completeness Indicators that have been determined by the researcher. The results of this study indicate that the use of the SSI learning model can improve students' critical thinking skills. The increase in students' critical thinking skills was seen in cycle I, namely, as many as 10 students out of 25 students or 40% obtained a critical thinking score of > 60 with an average of 52.6. In cycle II as many as 20 students out of 25 students or 80% who obtained a score of critical thinking > 60 with an average of 70.2 included in the high category in critical thinking. Based on these results, the cycle was terminated in cycle II because the success indicators had been met.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan melalui model pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas VII B MTs Roudlotul Furqon yang berjumlah 25 siswa dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. PTK ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data berpikir kritis adalah siswa mampu mencapai indikator berpikir kritis yang telah ditentukan yaitu kategori tinggi dan ditandai dengan peningkatan Indikator Ketuntasan Klasikal yang telah ditentukan oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SSI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa terlihat pada siklus I yaitu, sebanyak 10 siswa dari 25 siswa atau 40% memperoleh skor berpikir kritis > 60 dengan rata-rata 52,6. Pada siklus II sebanyak 20 siswa dari 25 siswa atau 80% yang memperoleh skor berpikir kritis > 60 dengan rata-rata 70,2 termasuk kategori tinggi dalam berpikir kritis. Berdasarkan hasil tersebut maka siklus diberhentikan pada siklus II karena indikator keberhasilan sudah terpenuhi.


Keywords


Berpikir kritis, Pencemaran lingkungan, Socio-Scientific Issues

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.2015.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Rineka Cipta

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities. Last Revised. Emeritus Proffessor.

Fihani, Neti, Vitta Yaumul Hikmawati, & Iim Halimatul Mu'minah.2021.Pendekatan Socio-Scientific Issues (SSI) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Konsep Virus.Seminar Nasional Pendidikan: FKIP UNMA.

Hamalik, O.2011.Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara

Rusman.2018.Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sani, R.A.2019. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Siska, Wily Triani, Yunita, & Yuyun Maryuningsih.2020.Penerapan Pembelajaran Berbasis Socio Scientific Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah.Edu Sains Jurnal: Pendidikan Sains & Matematika 8(1):22-32

Sugihartono, Fathiyah, K. N., Setiawati, F. A., Harahap, F., & Nurhayati, S. R.2012.Psikologi Pendidikan.Jogjakarta: UNY Press.

Zeidler, dkk.2005.Beyond STS: A Research-Based Framework for Socioscientific Issues Education.Jurnal: Science Education 89(3): 357-377.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.