candi borobudur kerajaan di indonesia

Studi Tentang Proses Pembelajaran IPA dan Kesiapan Guru dalam Menghadapi Perubahan Kurikulum di SMPN 1 Jogorogo

Adisty Istiqomah Fazrin, Novita Rahmawati, Arifian Dimas, Desi Nuzul Agnafia

Abstract


Abstract: Science learning is learning that aims to make students get hands-on experience so that they can apply it in their daily environment and help students develop critical thinking skills. This study aims to determine the teacher's response to the learning process during the Covid-19 Pandemic and the readiness of teachers to face curriculum changes at SMP Negeri 1 Jogorogo. The type of research used is descriptive quantative. The data collection technique in this study was the technique of document analysis, observation and interviews with science subject teachers and class VII students. media and internet. Curriculum changes also greatly affect the readiness of teachers in the learning process. Such as the lack of availability of learning media and the lack of socialization from the development team regarding the curriculum changes.

Abstrak: Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang bertujuan untuk menjadikan siswa mendapatkan pengalaman secara langsung sehingga dapat menerapkan dalam lingkungan sehari – hari  dan membantu siswa mengembangkan keterampilan berfikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan guru tentang proses pembelajaran saat Pandemi Covid - 19 serta kesiapan guru dalam menghadapi perubahan kurikulum di SMP Negeri 1 Jogorogo. Jenis penelitian yang digunakan berupa deskriptif kuantatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Teknik analisis dokumen, observasi dan wawancara kepada guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas VII. Hasil penelitian menujukkan bahwa tanggapan guru tentang proses pembelajaran saat Pandemi Covid – 19 sangatlah tidak efektif, siswa merasa kesulitan menerima materi karena terhalang oleh media dan internet. Perubahan kurikulum juga sangat mempengaruhi kesiapan guru dalam proses pembelajaran. Seperti kurangnya ketersediaan media pembelajaran serta belum maksimalnya sosialisasi dari tim pengembang terkait adanya perubahan kurikulum tersebut. 


Keywords


Proses Pembelajaran, Kurikulum

Full Text:

PDF

References


Agustami, Ribka P., Wiyanto, dan Siti A. (2017). Persepsi Guru dan Siswa terhadap Pembelajaran IPA Terpadu serta Implikasinya di SMP. Jurnal of Innovative Science Education. Universitas Negeri Semarang. 6 (1) 96-103

Diani, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan LKS Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 'Al – BiRuNi. 5 (1).

Irmala, Luthfidah. (2014). Analisis Kesiapan Guru IPA SMP MUHAMMADIYAH dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di Kota Malang. 34.

Kastawi, N. S. dkk. (2017). Kendala dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Jawa Tengah dan Strategi Penanganannya. Indonesian Journal of Curiculum and Educational Tecnology Studies. 5 (2) 66-76.

Lubis, M. (2016). Kesiapan Guru sebagai Pengembang Kurikulum dalam Merespon Kurikulum. 461-466.

Af’idayani, Nadziroh, Iswan S., Fahmi. (2018). The Effect of Inquiry Model on Science Process Skills and Learning Outcomes. European Journal of Education Studies. 12 (4) 177-182.

Rositawati D. N. (2018). Kajian Berfikir Kritis pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA. 74-84.

Safitri, L. (2018). Analisis Kesiapan Guru IPA dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMP Negri se-Kecamatan Stabat. Seminar Nasional Pendidikan Dasar. 133-140.

Saputra, I Made W.D. dkk. (2020). Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA SMP di Lombok Barat. Jurnal Emasains. 9 (1) 56-65.

Bhakti B. Y., Irnin A. D. A. (2018). The Influence Process of Science Skill and Motivation Learning with Creativity Learn. Journal of Education and Learning . 1 (12) 30-35.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.