candi borobudur kerajaan di indonesia

Studi Literatur Penerapan Penilaian Autentik Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA

Dhenni Kusuma Wardani, Anisa Rizkia, Arifian Dimas, Army Al Islami Ali Putra

Abstract


Abstract: Authentic assessment is an assessment of the development of learners that includes the realm of knowledge (cognitive), attitude assessment (affective) and skill assessment (psychomotor). This literature study research aims to determine the difficulties faced by teachers in the application of authentic assessment in science subjects. The sampling technique used in this study is purposive sampling of journals related to the application of authentic asessment to science learning. The samples used were 10 national journals and 3 international journals. Based on the results of the literature review, it was found that the implementation of authentic assessment has been carried out but the teacher still has difficulty in carrying out some authentic assessment indicators.

Abstrak: Penilaian autentik adalah suatu penilaian terhadap perkembangan peserta didik yang meliputi ranah pengetahuan (kognitif), penilaian sikap (afektif) dan penilaian keterampilan (psikomotorik). Penelitian studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi guru dalam penerapan penilaian autentik pada mata pembelajaran IPA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling terhadap jurnal yang berkaitan dengan penerapan penilaian autentik pada pembelajaran IPA. Sampel digunakan adalah 10 jurnal nasional dan 3 jurnal internasional. Berdasarkan hasil kajian literatur didapatkan bahwa penerapan penilaian autentik sudah dilakukan namun guru masih kesulitan dalam melakukan beberapa indikator penilaian autentik.


Keywords


Studi literatur, Penilaian autentik, IPA

Full Text:

PDF

References


Abdillah, F., M., Sulton, & Husna, A. (2021). Implementasi Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 41-50.

Agustina, M. R., Suraida, S., Alfian, A., & Syefrinando, B. (2018). Authentic Assessment Analysis Based on the Curriculum 2013 at SMP Negeri 7 Muaro Jambi. BIODIK, 4(2), 135-144. https://doi.org/10.22437/bio.v4i2.6127

Alfian, A., Aminah, N. S. Sarwanto. (2015). Authentic Assessment Berbasis Scientific Approach Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 Di SMP Kelas VII Pada Materi Suhu Dan Perubahannya. JURNAL INKUIRI, 4(3), 39-50.

Febrianti, E., Natalina, M., & Wulandari, S. (2017). Analisis Kemampuan Guru IPA SMP Di Kota Pekanbaru Dalam Melaksanakan Asesmen Autentik Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(1), 1-13.

Gunadi, S. P. Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran IPA di SMP Piloting Kota Semarang.

Hanifah, M., & Irambona, A. (2019). Authentic Assessment: Evaluation and its application in science learning. Phychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1 (2), 81-94. doi:http://dx.doi.org/10.33292/peiter.vli2.4

Hardiyansyah, R., Asokawati S., Gilian, E., R., Aisyah, S. Nadillah, H., Risnita. (2021). Pelaksanaan Penilaian Autentik Pembelajaran IPA Pada Aspek Pengetahuan,

Sikap Dan Keterampilan. Jurnal Al-Mujaddid Humaniora, 7(1), 67-77.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad

Jakarta: Ghalia Indonesia

Ismiati, I., Nahadi, N., & Halimatul H., S. (2019). Analysis Of The Need To Development An Authentic Assessment Instrument On Buffer Materials. Journal of Physics: Conference Series. 1157 042044

Juliantine, T. (2013). Penilaian Dalam Pendidikan Jasmani. (http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JU

R._PEND._OLAHRAGA/196807071992032TITE_JULIANTINE/8.__JURNAL_PENILAAN_DALAM_PENDIDIKAN_JASMANIx.pdf). Diakses 10 Oktober 2022.

Khasanah, B. N. (2016). Penerapan Model Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP N 2 Garung Kabupaten Wonosobo. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 2(1), 74-90.

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Pendekatan Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.

Munthe, A. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan.

Scholaria, 5 (2), 1-14.

M. Zaim., Refaldi, & Safnil A. (2020). Authentic Asessment for Speaking Skills: Problem and Solution for English School Teacher in Indonesia. International Jurnal of Intruction, 13(3), 590-598.

Nasution, G., A., Susilawati, & Ngadimin. (2016). Penerapan Penilaian Autentik Oleh Guru IPA Di SMP/ MTS Negeri Sekota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 1 (4), 196-201.

Ngadip. (2014). Konsep dan Jenis Penilaian Autentik (Authentic Assesment). EJurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, 1(2).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang standar nasional pendidikan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Putra, S. D., Achmad, A., & Maulina, D. (2015). Kajian Kemampuan Guru IPA

Dalam Merencanakan dan Melaksanakan Penilaian Autentik. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(6).

Rosyidah, R., Amelia T., & Nuzullah A. P. (2021). Analisis Implementasi Penilaian Autentik Oleh Guru IPA Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMPN 7 Tanjungpinang. Student Of Journal, 2(1), 439-444.

Suastra, I. W., & Ristiati, N. P. (2017). Problems faced by teachers in designing and implementing authentic assessment in science teaching. International Research Journal of Engineering, IT & Scientific Research, 3(4), 27-36.

Sunarti. dan Selly Rahmawati. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ANDI

Utari, Diah Tri & Dra. Hariyatmi, M.Si (2014) Pelaksanaan Penilaian Autentik (Autentic Assement) Oleh Guru Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri Se-Kecamatan Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wajdi, F. (2017). Implementasi Project Based Learning (PBL) Dan Penilaian Autentik Dalam

Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 86.

https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6960

Wasisto, Agus, & Dwi Doso Warso. (2014). Proses Pembelajaran Dan Penilaianny Di SD/ MI/ SMP/ MTS/ SMA/ MA. Yogyakarta: Graha Cendekia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.