candi borobudur kerajaan di indonesia

Systematic Literature Review: Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Berbantuan Elektronik Modul di Masa Pandemi

Afifah Harwanti, Ahmad Fauzi

Abstract


Abstract: Learning in the pandemic era showed its challenges for teachers, not least for learning physics. Various efforts were made to decrease student boredom and increase interest in learning. These difficulties can be caused by external and internal factors, one of the internal factors is student interest. Students' interest in learning is very important to make it easier for students to understand the material. Many students find it difficult to learn physics. Implementation of electronic modules is one of the efforts used to increase it. This study aims to determine the level of student interest in learning physics subjects through electronic modules (e-modules) during the Covid-19 pandemic. The research method used is the Systematic Literature Review (SLR) or literature review research method. References in this research are from various national and international. The results obtained from various literature sources, namely the use of e-modules in learning physics get a positive response from students in the form of increased interest in learning physics.

Abstrak: Pembelajaran di masa pandemi memberikan tantangan tersendiri bagi guru, tak terkecuali untuk pembelajaran fisika. Berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi rasa bosan siswa serta menumbuhkan minat belajar. Kesulitan tersebut dapat disebabkan faktor eksternal dan internal, dimana faktor internal salah satunya adalah minat. Minat belajar siswa terhadap suatu mata pelajaran sangat penting untuk mempermudah siswa dalam menangkap materi yang dibelajarkan. Tidak sedikit siswa yang merasa kesulitan dalam belajar fisika. Salah satu upaya yang digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah dengan menggunakan modul elektronik (e-modul). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa pada mata pelajaran fisika berbantuan modul elektronik (e-modul) di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Systematic Literature Review (SLR) atau metode penelitian tinjauan pustaka. Literatur yang digunakan dari berbagai sumber nasional maupun internasional. Hasil yang didapatkan dari berbagai sumber literatur yaitu penggunaan e-modul dalam pembelajaran fisika mendapatkan respon positif dari siswa berupa minat belajar fisika yang meningkat

Keywords


Pembelajaran fisika, minat belajar siswa, modul elektronik

Full Text:

PDF

References


Apriani, M. F., & Yulkifli. (2022). Efektivitas E-modul Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Riset untuk Meningkatkan Kompetensi Perserta Didik SMA di Era Revolusi 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan, 6(1), 20–27.

Arlianty, W. N. (2017). An analysis of interest in students learning of physical chemistry experiment using Scientific approach. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(2), 109. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i2.5130

Fitri, A. (2019). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Pada Materi Relasi Dan Fungsi. In Skripsi.

Fitriani, N., Gunawan, G., & Sutrio. (2017). Berpikir Kreatif dalam Fisika dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.319

Gola, N., & Nuraini, L. (2022). Profil Respon Siswa Penggunaan E-modul Fisika Berbasis Android (Andromo). Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(2), 53–58.

Haqiqi, K. T., Hariyono, E., & Lestari, N. A. (2021). The Effectiveness of Online Based Physics Learning in The Covid-19 Pandemic Period on The Material of Work and Energy. Journal of Science Education, 5(3), 451–458.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. In Depdiknas Jakarta.

Hiebl, M. R. W. (2021). Sample Selection in Systematic Literature Reviews of Management Research. Sage Journals, January. https://doi.org/10.1177/1094428120986851

Hijrani, & Hatibe, H. A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar dalam Memecahkan Masalah Fisika pada MAteri Hukum Newton Tentang Gerak. 9(1), 45–49.

Kuncoro, B., & Yuliawan, D. (2022). Systematic Literature Review : Method Quality as a Determinant of Succesful Athletic Learning. Journal of Physical Education, Sport, Health, and Recreations, 11(1), 59–63.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., Arifuddin, M., Kamal, M., Erlina, M., & Hayati, M. (2021). The Student Response to Interactive E-Modules to Support Science Literacy in Distance Learning Physics. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(11), 258–261.

Maiyena, S., Imamora, M., & Putri, E. R. (2020). Pengembangan modul elektronik fisika berbasis konstruktivisme untuk kelas x sma. Journal of Teaching and Learning Physics, 5(1), 1–18.

Mohamed Shaffril, H. A., Samsuddin, S. F., & Abu Samah, A. (2020). The ABC of systematic literature review : the basic methodological guidance for beginners. Quality & Quantity, 55(4), 1319–134. https://doi.org/10.1007/s11135-020-01059-6

Munandar, R. R., Cahyani, R., & Fadilah, E. (2021). Pengembangan E-Modul Sigil Software Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(4), 191–202. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.15204

Nisa, A., & Renata, D. (2018). Analisis Minat Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 119–130.

Pasaribu, D. S., Henri, M., & Susanti, N. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X Sman 10 Muaro Jambi. EduFisika, 2(1), 61–69. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i01.4043

Pralisaputri, K. R., Heribertus, S., & Chatarina, M. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X Sma. Jurnal GeoEco, 2(2), 147–154.

Pratama, N. S., & Istiyono, E. (2015). Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking (Hots) Pada Kelas X Di Sma Negeri Kota Yogyakarta. PROSIDING : Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPf), 6(1), 104–112. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosfis1/article/view/7711/5687

Setiyadi, M. W., Ismail, & Gani, H. A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468

Subagya, H., & Wilujeng, I. (2013). Buku Guru SMA/MA Kelas X. Bumi Aksara.

Sudarsana, W., Sarwanto, & Marzuki, A. (2021). Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Website sebagai Alternatif Pembelajaran Akibat Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3(22), 65–71.

Susanti, R., Sidik, D. Z., Hendrayana, Y., & Wibowo, R. (2021). Latihan Pliometrik dalam Meningkatkan Komponen Fisik : A Systematic Review. Journal of Sport Science and Education, 6(2), 156–171.

Syahiddah, D. S., Dwi A.P., P., & Supriadi, B. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM ( Science , Technology , Engineering , and Mathematics ) Pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(1), 1–8.

Ulfa, M., & Sucahyo, I. (2022). Jurnal Pendidikan Fisika Development of HOTS-Based E-Modules Using Sigil Applications on Circular Motion Materials learning. 10(2), 130–143. https://doi.org/10.26618/jpf.v10i2.7411


Refbacks

  • There are currently no refbacks.