candi borobudur kerajaan di indonesia

Meta-Analisis Sikap Ilmiah Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik

Anisa Rizkia, Dhenni Kusuma Wardani, Arifian Dimas, Anis Zahrotin

Abstract


Abstract:  Scientific attitudes are one form of intelligence that is owned by individual in science learning.  This meta-analysis study aims to determine the scientific attitude developed through a scientific approach to science learning. The sample used was purposive sampling related to the application of a scientific approach to science learning with 13 samples of classroom action research conducted on junior high school students. Based on the results of a meta-analysis study, it was found that 46,15% of scientific attitudes developed with a scientific approach came from the aspect of activity. In addition, there are other aspects such as curiosity, cooperation, critical thinking, and environmental care.

Abstrak: Sikap ilmiah adalah salah satu bentuk kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang dalam pembelajaran IPA. Penelitian meta-analisis ini bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah yang dikembangkan melalui pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang berkaitan tentang penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA dengan 13 sempel penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa SMP. Berdasarkan hasil kajian meta analisis didapatkan bahwa sebesar 46,15% sikap ilmiah yang dikembangkan dengan pendekatan saintifik berasal dari aspek keaktifan. Selain itu, terdapat aspek-aspek lainnya seperti rasa ingin tahu, kerja sama, berpikir kritis, dan peduli lingkungan.


Keywords


Meta-analisis, Sikap ilmiah, Pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

References


Abdulayani. (1994). Sosiologi, Skematika, Teori,dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Anwar, H. (2009). Penilaian Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi, 2(5),103-114.

Chusyani, Diana. (2013) Pendidikan Karakter Melalui Sains. Jurnal Kebijakan dari Pengembangan Pendidikan. 1(1), 10-11.

Fadli, Adi. (2021). Investigation on Scientific Attitude of Student Based on Gender and Grade Level. Hong Kong Journal of Social Science. (57), 350-362.

Fauziah, Amni, dkk. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD. (4)1, 47-53.

Fisher, Alec. (2008). Berpikir Kritis “Sebuah Pengantar”. Jakrta: Erlangga.

Hidayati, Laili., dkk. (2020). The Effect of Scientific Attitude and Motivating to Learn the Creative Thinking Skills of SMA/MA Student in Montong Gading Lombok Timur. Proceedings International Conference on Science and Technology (ICST). (1), 240-248.

Garcia, Wayan, dkk. *2017). Efektivitas Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Pemisahan Campuran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. (6)1,101-115.

Idrus, Irham, dkk. (2020). Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajran Biologi. (4)2. 139-145.

Juliana, Diara., Rosman Elly., Nurmasyitah. (2017). Penanaman Karakter Melalui Metode Pembiasaan Pada SD Negeri 27 Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(4), 9

Kasdin, Sitohang., dkk. (2012). Critical Thinking “Membangun Pemikiran Logis”. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Kurinasih, I. B.S. (2014). Sukses Mengimplementasi Kurikulum 2013 Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Nasrullah. (2015). Upaya Meningkatakan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Scientific Pada Peserta Didik Kelas VII/F SMP Negeri 1 Sungguminasa. Jurnal Pendidikan Fisika. (3)1. 95-105.

Puti, Siska., Jumadi. (2015). PengembanganModul IPA SMP Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. (3)1. 79-90.

Putu, Luh Purnama Dewi, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kubu. Jurnal Teknologi Pemeblajaran Indonesia. (8)1, 61-73.

Putra, Edysyah. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Sisa pada Pembelajaran IPA di MTs. S Ar- Raudhatul Hasanah 2 Lumut. Jurnal Edugenesis. 1-8.

Ratna, Wilis Dahar. (1998). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Saefuddin, A., & Berdianti, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosfakarya.

Suparno, Paul. (2008). Riset Tindakan untuk Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Susilawati, Darma. (2022). Upaya Meningkatkan dan Hasil Belajar Siswa SMP Pasca Daring Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Saintifik. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. (7) 2, 484-489.

Tursinawati. (2016) Penguasaan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. 2(4).

Ulva Varicha. dkk. (2017). Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa SMP Melalu iPembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materii Ekosistem. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (2) 5. 622-626.

Yuliana, Almah. dkk. (2022). Peningkatan Keaktifan Siswa Kelas IX A Menggunakan Pendekatan Scientific dalam Pembelajraan IPA di SMP N 2 Kroya. Indonesian Journal of Science Education (IJNSE). (5)1. 1-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.