candi borobudur kerajaan di indonesia

Literature Review: Media Pembelajaran Digital untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Abad 21 dalam Pembelajaran IPA

Sri Wahyuning

Abstract


Abstract: 21st century learning is closely related to the use of technology in the learning process. This learning paradigm shift creates new demands for students to master the essential skills of the 21st century. In addition, students are also required to master the use of media, technology, and information. Digital learning media is a new innovation to answer these demands. This study aims to determine the use of digital learning media in empowering thinking skills in science learning. The research method used in writing this article is a literature study from various sources, both books and related journals in the period 2017 – 2022. The results obtained show that the learning media used in science learning include virtual laboratories, flipbooks, educational games, electronic comics, augmented reality, ebook, kahoot, animation, and flash. These media are used to empower critical thinking skills, creative thinking skills, communication skills, and increase scientific literacy. Research shows that digital learning media can empower thinking skills in science learning.

Abstrak: Pembelajaran abad 21 berakaitan erat dengan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Pergeseran paradigma pembelajaran ini menimbulkan tuntutan baru bagi siswa untuk menguasai keterampilan esensial abad 21. Selain itu siswa juga dituntut untuk menguasai penggunaan media, teknologi, dan informasi. Media pembelajaran digital menjadi inovasi baru untuk menjawab tuntutan – tuntutan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran digital dalam memberdayakan keterampilan berpikir pada pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi literature dari berbagai sumber baik buku maupun jurnal terkait dalam kurun waktu 2017 – 2022. Hasil yang diperoleh menunjukkan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPA diantaranya virtual laboratory, flipbook, game edukasi, komik elektronik, augmented reality,e-ebook,kahoot, animasi, dan flash.  Media – media tersebut digunakan untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan komunikasi, dan peningkatan literasi sains. Penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital dapat memberdayakan keterampilan berpikir pada pembelajaran IPA.


Keywords


Media Digital; Pembelajaran Abad 21; Keterampilan 4C

Full Text:

PDF

References


Anggita, Z. (2020). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. 7(2).

Aprileny Hutahaean, L., Pendidikan Ekonomi, P., & Sebelas Maret Surakarta, U. (N.D.). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana Unimed Pemanfaatan E-Module Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital

Aprilia, T. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sains Flipbook Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1).

Arifin, Z.Tjahjana, D.D.D.D., Rachmanto, R.A., Suyitno, S., Prasetyo, S.D., & Hasi, S. (2020). Penerapan Teknonologi Biopori Untuk Meningkatkan Ketersediaan Air Tanah Serta Mengurangi Sampah Organik Di Desa Puron Sukoharjo. Semar (Jurnal Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Seni Bagi Masyarakat), 9(2).

Bagdasarov, Z., Luo, Y., & Wu, W. (2017). The Influence Of Tablet-Based Technology On The Development Of Communication And Critical Thinking Skills: An Interdisciplinary Study. Journal Of Research On Technology In Education, 49(1-2).

Batubara, H.H., (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2).

Gürsoy, G. (2021). Digital Storytelling: Developing 21st Century Skills In Science Education. In European Journal Of Educational Research, 10(1).

Handayani, S. (2019). Penerapan Mikroskop Digital Dengan Bantuan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran IPA. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 4(1).

Hayyuningtyas, K., & Batubara, H.H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Dan Ispring Di Android Untuk Meningkatkan Efekyifitas Pembelajaran SD. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(1).

Jannah, D.R.N., & Atmojo, I.R.W.(2022). Media Digital Dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1).

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbudristek.

Kim, Y.R., & Park, M.S. (2018). Creating Vritual World For Mathematics. Journal Of Education And Training Studies, 6(12).

Koesnandar, Ade. (2021). Pembelajaran Kolaboratif Di Era Dan Pasca Pandemi, Mengapa Tidak?. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Lay, A.-N., & Osman, K. (2018). Developing 21 St Century Chemistry Learning Through Designing Digital Games. Journal Of Education In Science, 4(1).

Mustaqim, I., Pd, S. T., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Http://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jee/

Nurdin, E., Ma’aruf A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviani, N., & Azmi, M.P. (2019). Video Pembelajaran Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1).

Nurlaela, E., Sumantri, N., & Sarkadi, S. (2021). Development of Mind Mapping-Based E-Book in Steam for Skills or Grade VI Elementasy School Students. International Journal of Multikultural and Multireligious Understanding.

Partono, Nila,H., Indah, N., Tsalitsa, A., Nurrahayu, S. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1).

Pertiwi, Utami, D.,, Atanti, Rina, D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sins PAda Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Sciece Education (IJNSE), 1(1).

Purwanti, Nasrullah., Imania., Rahardian., & Bariah. (2021). IOP Conference Series: Material Science and Engineering.

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6).

Riyana Putri, A., & Alie Muzakki, M. (2019). Implemetasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning Dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Https://Kahoot.Com/

Robbia, A. Z., & Fuadi, H. (2020). Pengembangan Keterampilan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Di Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembe;Ajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Biodik:Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2)

Sanabria, J. C., & Arámburo-Lizárraga, J. (2017). Enhancing 21st Century Skills With AR: Using The Gradual Immersion Method To Develop Collaborative Creativity. Eurasia Journal Of Mathematics, Science And Technology Education, 13(2).

Saputra, A.Y. (2017). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Augmented Reality Untuk Komputer.

Siregar, A., & Siregar, D.I. (2021). Analisis Evaluasi Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jasisfo (Jurnal Sistem Informasi), 2(1).

Sitepu, E. N. (2021). Prosiding Pendidikan Dasar Url: Https://Journal.Mahesacenter.Org/Index.Php/Ppd/Index Media Pembelajaran Berbasis Digital. Https://Doi.Org/10.34007/Ppd.V1i1.195

Vari, Y., & Bramastia, B. (2021). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 Di Pembelajaran Ipa. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2).

Widyastuty, A.A.S.A., Adnan, A.H., & Atrabina, N.A. (2019). Pengolahan Sampah Melalui Komposter Dan Biopori Di Desa Sedapurklagen Benjeng Gresik. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(2).

Wulandari, R. (2019). The Effect Of Integrative Learning Model And Critical Thinking Ability Toward Student’ Historical Learning Outcome In SMA Negeri 13 Bekasi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan.

Yustiqvar, M. (2019). Analisis Penguasaan Konsep Siswa Yang Belajar Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Green Chemistry. Jurnal Pijar MIPA, 14(3).

Zurweni, Wibawa, B., & Erwin, T. N. (2017). Development Of Collaborative-Creative Learning Model Using Virtual Laboratory Media For Instrumental Analytical Chemistry Lectures. AIP Conference Proceedings, 1868. Https://Doi.Org/10.1063/1.4995109


Refbacks

  • There are currently no refbacks.