candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VII SMP

Dewi Maslakhatunni’mah, Linda Budi Safitri, Desi Nuzul Agnafia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif yaitu menganalisis dengan mendeskripsikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al Hidayah Karanggupito, kabupaten Ngawi pada tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes essay. Soal tes essay yang diterapkan pada siswa dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis menurut Facione (2010) yaitu aspek interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, regulasi diri dan inferensi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil persentase setiap indikator kemampuan berpikir kritis yaitu indikator eksplanasi sebesar 16,75% dengan kategori rendah sekali, indikator regulasi diri sebesar 33,33% dengan kategori rendah, indikator evaluasi sebesar 41,18%, dengan kategori cukup, indikator interpretasi sebesar 50,20% dengan kategori cukup, indikator inferensi sebesar 33,33% dengan kategori rendah, dan indikator analisis sebesar 62,75% dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah terutama pada indikator eksplanasi. Kemampan berpikir kritis siswa perlu ditingkatkan dan dilatihkan lagi, metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif akan mempengaruhi semangat belajar siswa juga mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa terutama dalam mengemukakan pendapat.

Keywords


Kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Agboeze, Matthias U and Ugwoke, Ernes. (2013). Enhancement of Critical Thinking Skills of Vocasional and Adult Education Students for Enterpreneurship Development in Nigeria. Journal of Education and Practice, Vol.4 (17). ISSN 2222-288X (Online)

Agnafia, Desi Nuzul. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi, florea. 6(1): 45-53.

Cheong,C.M dan Cheung, W.S. (2008). Online Discusion and Critical Thingking Skills: A case study in a Singapore Secondary School. Australian Journal of Education Technology. 24(5): 556-557

Facione, N.C & Facione, P.A 2010. Externalizing, The Critical Thinking in Knowledge Devolepment and Clinical Judgment. Nursing Outlook.

Hendra, S. (2013). Belajar Orang Genius. Jakarta: Gramedia

Johnson, E.B. (2007). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar –Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. (diterjemahkan oleh A. Chaedar Alwasilah), Bandung: Mizan Learning Center.

Kivunja, Charles. (2015). Teaching Student to Learn and to Work Well with 21 Century Skills: Unpacking the Career and Life Skills Domain of the New Learning Paradigm. International Journal of Higher Education. 4(1): 2-11.

Koasih, E.(2004). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Kurniawati, Z. L., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2016). Model Pembelajaran Remap CS (Cooperative Scrift) untuk Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 399-403.

Normaya, K. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model JUCAMA di Sekolah Menengah Pertama. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92-104.

Nuryati, L., Zubaidah, S., Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 3(2): 155-158.

Patonah, S. (2014). Elemen Bernalar Tujuan pada Pembelajaran IPA Melalui pendekatan Metakognitif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 128-133.

Riduwan.(2013). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Ritonga,G.A. (2013). Pengenbangan Modul Pembelajaran Fisika Berorientasi Modul Learning Cycle Pada Materi Listrik Dinamis Untuk SMA Kelas X. Skripsi Tidak Dipublikasikan Universitas Jambi.

Snyder, L.G dan Snyder, M.J. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Epsilon Journal. L (2):90-99.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.