candi borobudur kerajaan di indonesia

PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SURAKARTA

Bintang Titik Setiawaty, Widha Sunarno, Sugiyarto Sugiyarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir analisis siswa sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah menengah pertama di Surakarta. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan adalah soal tes berdasarkan 5 indikator kemampuan berpikir analisis menurut Ross. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase pencapaian kemampuan berpikir analisis siswa adalah 40%. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir analisis siswa dikategorikan rendah.

Keywords


penelitian deskriptif kualitatif; soal tes

Full Text:

PDF

References


Arnold, R. D., & Wade, J. P. (2015). A Definition of Systems Thingking : A Systems Approach. Procedia Computer Science, 44 (1), 669 - 678.

Dawati, H. N. M., Karyanto, P., & Sugiharto, B. (2015). Perbedaan Kemampuan Berpikir Analitis Pada Model Problem Based Learning disertai Mind Map dengan Kelas Konvensional pada Siswa Kelas X IPA SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (2), 102 – 113.

Eckman, M., & Frey, D. K. (2005). Using The WebCT NAFTA Program to Promote Analytical Thinking and Global Awareness Competencies Through a Team Approach. International Textile & Apparel Association, 23 (4), 278 – 289.

Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. California : Measured Reasons And The California Academic Press, Millbre.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget. INTELEKTUALITA, 3 (1), 27 – 38.

Ilma, R., Hamdani, A. S., & Lailiyah, S. (2017). Profil Berpikir Analitis Masalah Aljabar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2 (1), 1 – 14.

Kiong, T. T., Yunos, J., Hassan, R., Heong, Y. M., Hussein, A., & Mohamad, M. M. (2012). Thinking Skills for Secondary School Students in Malaysia. Journal of Research, Policy & Practice of Teachers & Teacher Education, 2 (2), 12 – 23.

Kusuma, M. D., Rosidin, U., & Suyatna, A. (2017). The Development of Higher Order Thinking Skill HOTS Intrument Assesment in Physics Study. IORS Journal of Research & Method in Education, 7 (1), 26 - 32.

Pennycook, G., Fugelsang, J. A., & Koehler, D. J. (2015). Everyday Consequences of Analytic Thinking. Current Directions in Psychological, 24 (6), 425 – 432.

Qomariya, Y., Muharrami, L. K., Hadi, W. P., & Rosidi, I. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMP Negeri 3 Bangkalan Dengan Menggunakan Metode Pictorial Riddle Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Journal of Natural Science Education Reseach, 1 (1), 9 – 18.

Setiawati, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Analisis Transaksi dalam Menyusun Jurnal dengan Model Problem Based Learning Melalui Pengamatan BT/BK. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1 (1), 1 – 8.

Sulistiawati. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Limas. Proceeding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Surya, ISBN : 978 – 602 – 14432 – 2 – 4, 205 – 225.

Susanti, R. (2012). Pembelajaran Kimia Menggunakan Siklus Belajar 5E dan Inkuiri Bebas Dimodifikasi Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Analisis dan Kreativitas Siswa. Jurnal Inkuiri, 1 (1), 60 - 68.

Wulandari, N. W., Nuroso, H., & Siswanto, J. (2014). Kemampuan Analisis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Kalor Tipe Grafik. Prosiding SEMNAS Entrepreneurship, ISBN : 978 – 602 – 8047 – 99 – 9, 158 – 165.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.