PENERAPAN METODE STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC) BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI GAS IDEAL
Abstract
Penulisan makalah ini bertujuan untuk menerapkan metode STEM berbasis proyek pada materi gas ideal. Pembuatan proyek melalui penerapan metode STEM dapat meningkatkan kreativitas siswa. Dengan pembuatan proyek siswa akan lebih kreatif dalam menerapkan konsep gas ideal dalam kehidupan sehari-hari. Pada proses pembelajaran metode STEM berbasis proyek, diharapkan dalam diri siswa akan tertanam sikap aktif dan terampil. Proyek yang dilakukan siswa dapat berbentuk poster, video, ataupun leaflet sebagai bentuk media komunikasi siswa dengan masyarakat luas. Proses pembuatan proyek ini melalui beberapa tahap yang meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap penulisan laporan, dan tahap presentasi. Penilaian akan dilakukan pada setiap tahap proses pembuatan proyek, mulai dari perencanaan hingga tahap presentasi menggunakan rubrik khusus penilaian proyek. Dari pembuatan proyek ini menghasilkan media komunikasi berupa poster, video, dan leaflet. Salah satu contoh dari proyek yang dikembangkan siswa mengenai materi gas ideal yaitu bahaya akan tabung gas yang diletakkan di ruang tertutup. Proyek tersebut merupakan salah satu aplikasi dari materi gas ideal dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Metode Pembelajaran STEM; Media Pembelajaran Proyek; Kreativitas Siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.