candi borobudur kerajaan di indonesia

UTABI OPTIMALKAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 1 WONOSEGORO

Siti Noor Chasanah Sumarhati

Abstract


SMA Negeri 1 Wonosegoro adalah sekolah yang mendapat perintah untuk menerima peserta didik dengan katagori inklusi, yaitu anak yang memiliki keterbatasan fisik, ekonomi dan keterbatasan kemampuan akademik. Dengan kondisi sekolah yang sedemikian  rupa diharapkan guru harus berfikir dan berlaku  kreatif dalam penyampaian materi pembelajaran serta metode pembelajaranpun harus tepat.  Maka metode pembelajaran dengan bermain ular tangga Biologi (UTABI) dianggap sesuai dengan kondisi tersebut. Kita menentukan kelas yang akan dilakukan uji coba dengan perlakuan pembelajaran utabi  dan menentukan satu kelas yang  lain sebagai pembanding  perlakuan.  Sebelum melakukan permainan ular tangga terlebih dahulu memberikan soal  pre test dengan tujuan untuk mengetahui  kemampuan awal anak (pertemuan sebelumnya sudah diperintahkan mempelajari materi  Pteridophyta/tumbuhan paku). Dengan perlakuan metode pembelajaran yang berbeda  akan diperoleh hasil yang berbeda pula. Ternyata setelah dilakukan post test dapat dilihat perbedaan yang  siknifikan  antara kedua kelas tersebut.  Hal ini bisa disimpulkan bahwa kelas X MIPA1 yang mendapat pembelajaran Tumbuhan Paku (Pteridophyta) dengan metode bermain ular tangga menghasilkan tambahan nilai yang lebih baik dibanding kelas kelas X MIPA 2 yang mendapat pembelajaran dengan metode ceramah guru. Diharapkan metode bermain ini bisa digunakan untuk mata  pelajaran yang lain.

Keywords


Ular Tangga Biologi (UTABI); Pteridophyta; Pre-test; Post-test

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.