candi borobudur kerajaan di indonesia

ILMU BOTANI SEBAGAI DASAR KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN

Risanti Dhaniaputri

Abstract


Pendidikan lingkungan adalah salah satu upaya memberikan ilmu dan pengetahuan bagi siswa atau peserta didik tentang perilaku pelestarian lingkungan serta pencegahan kerusakan terhadap lingkungan sekitar. Usaha ini dapat diwujudkan melalui serangkaian proses pembelajaran, dimulai dari pemberian teori tentang lingkungan hidup didalam kelas, untuk kemudian dipraktekkan diluar kelas. Salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan erat dengan pendidikan pelestarian lingkungan ini adalah ilmu Biologi. Materi keilmuan Biologi untuk peserta didik di level pendidikan tinggi meliputi kajian ilmu zoologi, botani dan ekologi. Zoologi membahas tentang struktur anatomi, histologi dan fisiologi hewan; Botani mengkaji ranah struktur morfologi, taksonomi, anatomi dan fisiologi tumbuhan; sedangkan Ekologi mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan, konservasi, siklus alam dan perilaku makhluk hidup. Perlindungan dan pelestarian terhadap lingkungan di sekitar dapat dimulai dari pengenalan dan pemahaman tentang struktur, perkembangan dan fisiologi tumbuh-tumbuhan yang hidup di lingkungan sekitar. Kajian ranah ini dapat dipakai sebagai dasar pengenalan keanekaragaman jenis tumbuh-tumbuhan, pengelompokkan berbagai varietas sebagai bagian dari proses identifikasi, memudahkan proses pembelajaran Biologi di sekolah, sebagai ilmu dasar pengembangan senyawa berkhasiat obat (metabolit sekunder) serta membantu konservasi lingkungan dalam skala yang lebih luas.

Keywords


Biologi; Pembelajaran; Lingkungan Hidup

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.