candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN ORAL ACTIVITIES DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER 1 KELAS A PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UAD PADA MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN

Hani Irawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran pada mata kuliah pengantar pendidikan dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW), mengetahui banyaknya siklus yang diperlukan untuk meningkatkan oral activities dan hasil belajar mahasiswa semester 1A Pendidikan Biologi FKIP UAD, serta untuk mengetahui besarnya peningkatan oral activities dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah mahasiswa semester 1 kelas A yang terdiri atas 48 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Analisis data secara deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran TTW dapat terlaksana sesuai dengan sintak-sintaknya sebanyak 2 siklus, rerata oral activities mahasiswa pada siklus I sebesar 63.33% dan pada siklus II sebesar 82.68%. Rerata hasil belajar mahasiswa pada siklus I sebesar 64.37 dan pada siklus II sebesar 83.06. Peningkatan rerata oral activities dari siklus I ke siklus II sebesar 30.55% dan peningkatan rerata hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 28.99%.


Keywords


Think talk write; oral acivities; hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.