candi borobudur kerajaan di indonesia

POTENSI PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA

Respati Syam Utami, Suparmi Suparmi, Ashadi Ashadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pengembangan modul IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Penelitian dilakukan dengan pengamatan langsung di sekolah, wawancara dengan siswa dan guru, serta angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MTs Muhammadiyah 06 Sambi terdapat permasalahan-permasalahan yang menjadi penyebab belum optimalnya proses pembelajaran baik dari siswa, pendidik, maupun sarana dan prasarana pendukung. Dari masalah yang teramati motivasi berprestasi dipilih untuk segera diatasi karena: 1) kenyataan di sekolah. Sebagian besar siswa memiliki motivasi berprestasi yang rendah. Berdasarkan pengamatan kepada 39 siswa kelas VII hanya 23% yang terlihat bersemangat mengikuti pembelajaran dan mengerjakan soal. Siswa lain tidak antusias, cenderung menunggu jawaban teman yang dianggap pintar di kelas, atau menunggu pembahasan guru; 2) Kondisi pendidikan di Indonesia. Dengan ditetapkannya Kriteria Ketuntasan Minimal tidak membuat siswa termotivasi dalam belajar; hasil wawancara menunjukkan persaingan sekolah tingkat atas mendapatkan siswa sebanyak-banyaknya membuat sebagian besar siswa SMP/MTs merasa mudah mencari sekolah; hasil Ujian Nasional tidak menentukan kelulusan. Keberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Pembelajaran yang berpusat pada siswa salah satu cirinya dirancang guru dengan menciptakan situasi pembelajaran yang banyak melibatkan siswa, sehingga siswa memperoleh banyak pengalaman dari hasil temuannya sendiri dan akan bertahan lebih lama dalam ingatan serta pengetahuannya lebih luas. Berdasarkan observasi, solusi pemecahan masalah yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan motivasi berprestasi yaitu pengembangan bahan ajar berupa modul dengan model inkuiri terbimbing yang menekankan pembangunan konsep oleh siswa.


Keywords


model belajar; prestasi belajar; konstruktivisme

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.