candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR FLEXIBILITY DAN ELABORATION SISWA KELAS XII MIPA I MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DI SMAN X SURAKARTA

Nawasasi Laksmita Mahanani, Yudi Rinanto, Riezky Maya Probosari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan skor kemampuan berpikir flexibility dan elaboration dengan penerapan Problem Based Learning pada siswa kelas XII MIPA 1 SMAN X di Surakarta. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan penerapan PBL. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 1 yang berjumlah 30 orang. Sumber data primer diperoleh dari hasil tes kemampuan berpikir flexibility dan elaboration yang dilaksanakan setiap akhir tindakan penelitian serta lembar observasi sikap berpikir flexibility dan elaboration siswa pada saat pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata rata kelas kemampuan flexibility menjadi 42,05% dan kemampuan berpikir elaboration menjadi 47% setelah diterapkan PBL.

Keywords


Penelitian tindakan kelas; berpikir kreatif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.