candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MEMBERDAYAKAN KETRAMPILAN PROSES SAINS

Nadia Listianingrum, Maridi Maridi, Nonoh Siti Aminah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA menggunakan model inkuiri terbimbing yang layak (valid. Praktis, dan efektif) berbasis literasi sains untuk memberdayakan ketrampilan proses sains peserta didik. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4D dan diujicobakan di kelas VII-C SMP Negeri 2 Purwokerto semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 dengan One-Group Pretest-Posstest Design. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori valid; 2) Perangkat pembelajaran berkategori praktis ditinjau dari keterlaksanaan RPP, aktivitas peserta didik dengan tahap-tahap model inkuiri berbasis literasi sains, dan peserta didik merespon positif perangkat yang dikembangkan dan implementasinya; 3) Perangkat pembelajaran telah efektif ditinjau dari: a) Peningkatan pengetahuan peserta didik, b) Peningkatan literasi sains; serta 3) Memberdayakan ketrampilan proses sains. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbasais literasi sains yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk memberdayakan ketrampilan proses sains peserta didik sehingga layak digunakan.

Keywords


Perangkat pembelajaran; inkuiri terbimbing; literasi sains; ketrampilan proses sains

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.