candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI

M. Fakhrurrazi, Mohammad Masykuri, Sarwanto Sarwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan siswa terhadap pembelajaran kimia. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data non-tes yang terdiri dari observasi terhadap kegiatan pembelajaran, wawancara terhadap 2 orang guru dan penyebaran kuesioner terbuka terhadap 90 orang siswa kelas XI MIPA tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian yang dilakukan di SMAN 1 Gemolong dan SMAN 1 Sukodono menunjukkan bahwa 66,67% siswa menginginkan pengajaran yang bersifat aktif melibatkan siswa dan bersifat variatif yang dapat dipadukan dengan permainan. Sebanyak 86,67% siswa menilai bahwa media pembelajaran dapat membantu memahami materi, serta 70% siswa menyatakan bahwa bahan ajar yang digunakan sulit dipahami. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan belum mampu membantu siswa memahami materi serta belum mampu meningkatkan hasil belajar pada materi hidrokarbon dan minyak bumi sehingga perlu adanya pengembangan pembelajaran kimia berbasis quantum learning pada materi hidrokarbon dan minyak bumi.


Keywords


Pembelajaran; hidrokarbon; quantum learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.