EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KOLOID SMA KELAS XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul pembelajaran kimia berbasis Problem-Based Learning Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah “Randomized Control-Group Pretest Posttest Design” Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Surakarta, SMAN 7 Surakarta, SMAN 8 Surakarta. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen menggunakan modul pembelajaran Problem-Based Learning dengan metode pemberian tugas dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif menggunakan metode tes sedangkan prestasi belajar afektif siswa menggunakan angket. dengan bentuk pilihan ganda. Data menunjukkan Uji normalitas dan homogenitas membuktikan bahwa kedua kelas itu homogen dan terdistribusi normal. Uji t, sebagai analisis data yang dilakukan, menunjukkan bahwa t hitung (3,88) lebih besar dari t tabel (1,65). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen jauh lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sehingga Penggunaan modul pembelajaran kimia berbasis Problem-Based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Keywords
Modul; problem-based learning (PBL); kemampuan berpikir kritis; koloid
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.