candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN MAHASISWA CALON GURU KIMIA

Budi Utami, Sulistyo Saputro, Ashadi Ashadi, Mohammad Masykuri, Bakti Mulyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kapita Selekta Kimia II pada materi kesetimbangan kimia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif, (2) meningkatkan keaktifan mahasiswa pada kata kuliah Kapita Selekta Kimia II pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa Program studi Pendidikan Kimia Semester 4 di FKIP UNS Surakarta tahun Pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes untuk aspek pengetahuan. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kapita Selekta Kimia II pada materi kesetimbangan kimia aspek kognitif yaitu rata-rata 66% pada siklus 1 dan rata-rata 87% pada siklus 2. Keaktifan mahasiswa meningkat yaitu rata-rata 79.2% pada siklus 1 dan rata-rata 87,4% pada siklus 2.

Keywords


Model pembelajaran Kooperatif; aspek kognitif; keaktifan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.