candi borobudur kerajaan di indonesia

TINGKAT BERPIKIR KOGNITIF MAHASISWA BERDASARKAN BENTUK PERTANYAAN PADA MATA KULIAH BIOLOGI UMUM

Azza Nuzullah Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kognitif mahasiswa berdasarkan bentuk pertanyaan yang diajukan mahasiswa pada mata kuliah biologi umum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Penelitian dilakukan pada mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Biologi Umum yang berjumlah 26 orang. Data dikumpulkan melalui studi dokumen yaitu berupa daftar pertanyaan-pertanyaan yang diberikan mahasiswa secara tertulis maupun lisan. Selain itu juga digunakan lembar observasi untuk mencatat aktifitas bertanya siswa selama proses pembelajaran. Data dianalisis berdasarkan tingkat berpikir kognitif menurut Taksonomi Bloom revisi. Tingkatan berpikir kognitif mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Biologi Umum pada semester ganjil 2016/2017 memiliki distribusi sekitar 53,44% pada tingkat C1, C2 dan 46,56% pada tingkat C3, C4. Hasil ini menunjukkan bahwa tingkatan berpikir kognitif mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Biologi Umum pada semester ganjil 2016/2017 sebagian masih berada pada tingkatan kognitif mengingat dan memahami. Hal ini berarti masih berada pada tingkatan berfikir tingkat rendah. Berbagai usaha perlu dilakukan untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir mahasiswa.

Keywords


kognitif; taksonomi Bloom revisi; biologi umum

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.