IDENTIFIKASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN WINDOW SHOPPING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan berpikir kritis siswa yang ditampilkan dalam pembelajaran biologi menggunakan window shopping. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian siswa kelas 12 SMA Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh berdasarkan hasil observasi dan analisis argumen yang ditulis serta diekspresikan siswa dalam pembelajaran yang dilakukan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa muncul pada aspek interpretasi, analisis, dan kesimpulan tetapi masih dalam tingkat weak dan unacceptable. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang lebih optimal untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran biologi pada abad 21.
Keywords
keterampilan berpikir kritis; window shopping
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.