candi borobudur kerajaan di indonesia

IDENTIFIKASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN WINDOW SHOPPING

Arnita Cahya Saputri, Sajidan Sajidan, Yudi Rinanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan berpikir kritis siswa yang ditampilkan dalam pembelajaran biologi menggunakan window shopping. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian siswa kelas 12 SMA Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh berdasarkan hasil observasi dan analisis argumen yang ditulis serta diekspresikan siswa dalam pembelajaran yang dilakukan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa muncul pada aspek interpretasi, analisis, dan kesimpulan tetapi masih dalam tingkat weak dan unacceptable. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang lebih optimal untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran biologi pada abad 21.

Keywords


keterampilan berpikir kritis; window shopping

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.