PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERBANTUAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme berbantuan media animasi komputer untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian menggunakan one group pretest postest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 1 (kelas B) yang sedang menempuh mata kuliah Fisika Dasar 1 sebanyak 47 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada konsep besaran dan pengukuran. Teknik analisis data menggunakan paired sample T test dan N-gain score. Berdasarkan hasil pengujian paired sample T test diperoleh signifikansi 0,000 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan pendekatan konstruktivisme berbantuan media animasi komputer. Peningkatan (N-gain score) keterampilan berpikir kritis mahasiswa menunjukkan nilai 0,2. Jadi, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme berbantuan media animasi komputer untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.
Keywords
animasi komputer; keterampilan berpikir kritis; konstruktivisme
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.