candi borobudur kerajaan di indonesia

POTENSI MELATIHKAN ENVIRONMENTAL LITERACY BAGI CALON GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN IPA

Siti Patonah, Sentot Budi Rahardjo, Cari Cari, Sajidan Sajidan

Abstract


Membiasakan peduli terhadap lingkungan berpotensi dilatihkan sejak dini. Penyiapan guru sekolah dasar menduduki peranan penting untuk menanamkan nilai-nilai kepedulian lingkungan secara tepat sehingga dapat dijadikan pedoman sepanjang hidupnya. Penelitian  ini menggunakan metode dokumentasi dari kurikulum IPA PGSD yang digunakan di Universitas PGRI Semarang. Berdasarkan analisis terhadap dokumen kurikulum, maka terdapat 62 pokok bahasan yang tersebar dalam 5 kelompok mata kuliah. Seluruh tema dan konten IPA pada kurikulum PGSD berpotensi untuk melatihkan environmental literacy.

Keywords


Potensi melatihkan; environmental literacy; calon guru SD; pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.