PEMBERDAYAAN ERA KETERBUKAAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MEMPERMUDAH PEMASARAN PRODUK MELALUI E-COMMERCE
Abstract
Tujuan dari penulisan gagasan ini adalah untuk menyadarkan para pengusaha akan pentingnya
internet sebagai media efektif dalam menjalankan usaha. Pada era teknologi informasi yang sangat
terbuka,hal ini merupakan suatu peluang sekaligus tantangan disegala bidang antara lain bidang
pendidikan dan bidang komersial atau perdagangan. Maka dari itu untuk memanfaatkan era
teknologi saat ini, penulis mengungkapkan pentingnya menyiapkan sumber daya manusia yang
unggul dan mampu bersaing dalam bidang apapun terutama dalam bidang IT, bidang IT juga
mampu menjadi sahabat para pengusaha sebagai media pemasaran yang murah dan efektif. Datadata
yang penulis sertakan didalam tulisan ini didapat dari beberapa sumber melalui internet dan
buku. Dari data yang diperoleh terdapat masalah yang dihadapi bangsa Indonesia yaitu
penggunaan internet yang masih belum maksimal, faktanya adalah pemanfaatan internet yang
bebas diakses belum memberikan efek terbaiknya, solusi yang disampaikan dalam tulisan ini
adalah mendorong berbagai pihak untuk memberdayakan keberadaan internet di era keterbukaan
informasi ini.
Full Text:
PDFReferences
Bill Gates. (1995) The Road Ahead, Penguin Book Ltd, New York
Chen Tony. (2003) Licencing Clinic Seminar, Microsoft Indonesia, Jakarta July 10th,
Gibson, Rowan., (1997) Rethinking the future, Nicholas Breadly Publishing, London
Nolan R.L and Croson,D.C. (1993). The Stages Theory of A Frame Work for IT Adaption and
Organizational Learning, Harvard Business School. Cambridge MA
Sandy Kosasi. (2015). Perancangan Sistem E-commerce Untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-
Oleh Khas Pontianak, SNASTIA. Vol 10.Hal 110-119
Shahrzad Shahriarl, Mohammadreza Shahriarl, dan Saeid gheiji. (2015). E-commerce And It
Impact On Global Trend and Market, International Journal Of Research-Granthaalayah.
Vol 3, page 49-55
Dewi Shanti Nugrahani. (2011). E-commerce untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil dan
menengah, SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis. Page 1-16
Rachmad Hidayat. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengaplikasian E-Commerce. Jurnal
Teknologi. Volume 7 Nomor 1, Hal 47-55
Nuryanti.(2013). Peran E-commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan
Menengah, Jurnal Ekonomi. Volume 21, Hal 1-15
ASOSIASI PENYELENGGARA JASA INTERNET INDONESIA & BADAN PUSAT
STATISTIK
Divisi Kependudukan PBB
Pusat Kajian Komunikasi (PUSKAKOM) UI
Survey of We Are Social
http://market.bisnis.com/read/20160215/192/519029/7-konglomerat-indonesia-rogoh-triliunanrupiah-
di-bisnis-e-commerce
Refbacks
- There are currently no refbacks.