candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GENAP SMK NEGERI 1 METRO T.P 2015/2016

Noviyana Sari - -

Abstract


ABSTRAK

 

Metode drill merupakan suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan dalam membangun ketangkasan atau keterampilan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode drill terhadap hasil belajar akuntansi kelas X semester genap SMK Negeri 1 Metro T.P 2015/2016. Hasil observasi menunjukkan bahwa masih banyak hasil belajar peserta didik yang belum tuntas pada mata pelajaran Akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Metro yang berjumlah 378 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik  sampling purposive dan yang menjadi sampelnya adalah kelas X P2 sebanyak 31  peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X P3 sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis dapat diterima sebab (thit) = 3 lebih besar daripada (ttab) = 1,70 dan 2,46. Dengan demikian ada pengaruh yang positif dalam penggunaan metode drill terhadap hasil belajar Akuntansi peserta didik kelas X semester genap SMK Negeri 1 Metro T.P 2015/2016.

 

Kata Kunci : Metode Dril dan Hasil Belajar

 

 

ABSTRACT

 

Drill method is the good way in teaching to instill habits in building dexterity or skill learners.The purpose of this study was to determine the effect of the drill method to outcomes of Class X Semester Accounting SMK 1 Metro 2015/2016 ". Observation result showed that there was still a lot of learning outcomes of students who have not completed the course in Accounting. The population in this study was all students of class X SMK 1 Metro which amounts to 378 learners. The samples in this study used purposive sampling technique and the sample were class X P2as many as 31 learners as an experimental class and class X P3 as many as 31 learners as the control class. Based on these results the hypothesis was acceptable because (thit) = 3 is greater than (ttab) = 1.70 and 2.46. Thus there was a positive influence in using drill method to the learning outcomes of students of class X Accounting even semester of SMK Negeri 1 Metro 2015/2016.

 

Keywords: Drill Method and Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


Bahri Djamarah, Syaiful. Dan Zain, Asman. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar.2007. Guru Profesional Implementasi Tingkatan Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru.Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2011. Metode Statistika Edisi Revisi 6. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.