candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MEDIA ILUSTRASI KOMIK UNTUK MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016

Nasmal Hamda - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas mahasiswa berbasis media lembar kerja
ilustrasi komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas. Penelitian pengembangan lembar kerja siswa menggunakan prosedur Dick, Carey dan Carey yang terdiri dari 9 tahap: 1) identifikasi tujuan pembelajaran / kompetensi umum, 2) menganalisis instruksional, 3) untuk menganalisis siswa dan konteks, 4) merumuskan tujuan khusus / kinerja, 5) mengembangkan instrumen penilaian, 6) mengembangkan strategi pembelajaran, 7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, 8) untuk merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, 9) bahan revisi. Analisis data yang digunakan untuk pengembangan analisis deskriptif, analisis kelayakan lembar kerja siswa berdasarkan skala skor, dan analisis tes prestasi melalui t-test. Pengembangan produk diujicobakan melalui evaluasi formatif yang mencakup beberapa tahap: review ahli media, bahan ekonomi ahli, ahli bahasa, ahli praktisi, pengujian kelompok kecil, dan uji coba lapangan.
Hasil uji kelayakan dari tim ahli yang meliputi hasil ahli media diperoleh 98,43%, hasil
dari materi ekonomi 93,39%, ahli bahasa diperoleh 100% hasil, dan praktisi ahli dari 91,18% tapi hasilnya perlu direvisi. Setelah revisi berdasarkan masukan dari tim ahli kemudian dilakukan kelompok tes kecil memperoleh hasil rata-rata 86,66%. Selanjutnya, pada tahap uji coba lapangan untuk menguji efektivitas media berbasis Lembar Kerja Siswa ilustrasi komik menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata 80,85 posttest lebih tinggi dari nilai rata-rata 58,33 prettest dengan tingkat signifikansi 0,05, sedangkan rata-rata nilai posttest untuk kelas kontrol adalah 77,32. Dengan demikian jelas bahwa hasil dari pengembangan siswa lembar kerja dengan ilustrasi komik media yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


ABSTRACT
This research aimed to test the effectiveness of media-based student worksheets comic
illustrations in order to improve student learning outcomes on economic subjects in the classroom. The research development of student worksheets using the procedure Dick, Carey and Carey consisting of 9 stages: 1) identification of learning objectives/general competence, 2) analyzing instructional, 3) to analyze student and context, 4) formulate specific goals / performance, 5) developing assessment instruments, 6) develop learning strategies, 7) developing and selecting instructional materials, 8) to design and implement the formative evaluation, 9) revise materials. Analysis of the data used for the development of descriptive analysis, feasibility analysis of student worksheets based on the score scale, and analysis of achievement test through t-test.
Product development piloted through formative evaluation that includes several stages: expert review of media, economic materials experts, linguists, expert practitioners, small group testing, and field trials.
The results of the feasibility test of a team of experts covering media expert results
obtained 98.43%, a result of economic matter 93.39%, linguists obtained 100% results, and expert practitioners of 91.18% but the result needs to be revised. After revisions based on feedback from an expert team then performed a small test group gained an average yield of 86.66%. Furthermore, at this stage of field trials to test the effectiveness of media-based Student Worksheet comic illustrations show that there are differences in the average value of 80.85 posttest higher than the average value of 58.33 prettest with a significance level of 0.05, while the average value -rata posttest for the control class is 77.32. Thus it is evident that the result of the development of student worksheets with comic illustrations media is effective for improving student learning outcomes.


Keywords:Seminar, Nasional Student Worksheet, comic illustrations media, learning outcomes.


Full Text:

PDF

References


Adinugraha, Y., Tresnawati, D., & Satria, E. (2016). Pengembangan Aplikasi Komik Hadits Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma. 13(1), 99-105.

Anitah, S. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Astuti, D. S. (2010). Penggunaan Metode Belajar Numbered Head Together (NHT) Disertai Peta Konsep dan LKS Ditinjau Dari Motivasi dan Kreatvitas Siswa. Surakarta: Program PascaSarjana Pendidikan Biologi UNS.

Berkowitz, J & Packer, T. (2001). Heroes in The Classroom: Comic Books in Art Education. Journal National Art Education Association, 54(6), 12-18.

Dick, W, Carey, Lou & Carey, J. O. (2001). The Systematic Desaign Of Instructional, Fifth Edition. Longman: Addision—Wesley Educational Publisier.

Hamidi, N, Santoso, S , & Munawaroh, B. 2014. Upaya Meningkatkan Prstasi Belajar Akuntansi Melalui Media Komik Dalam Stategi Pembelajaran Preview Question Read Reflect Retice Review (PQ4R) Siswa Kelas XI IPS 5 SMA XYZ. Jupe UNS. 2(2), 61-72.

Ifdhal, Kusumaningrum, I, & Arizal. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Gedung Kelas X SMK NEGERI 5 Padang. CIVED ISSN 2302-3341. 1(3). 211-220.

Jihad, A. & Haris, A. (2013).Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Johana, M., Widayanti, A. (2007). Komik Sebagai Media Pengajaran Bahasa Yang Komunkatif Bagi Siswa SMP. Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 36. (1), 28-34.

Kettunen, J, Mertanen, K, L, & Penttilä, T. 2013. Innovation pedagogy and desired learning outcomes in higher education. On the Horizon.21 Iss 4 pp. 333 – 342.

Maharsi, I. (2011). Komik, Dunia Kreatif Tanpa Batas. Yogyakarta: Kata Buku.

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda karya.

Murtiningrum, T., Ashadi, & Mulyani, S. (2013). Pembelajaran Kimia Dengan Problem Solving Menggunakan Media E-Learning Dan Komik Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Abstrak dan Kreativitas Siswa. Jurnal Inkuiri. 2(3), 288-301).

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: Diva Press.

Saputro, N. D, Santoso, R & Riandadari, D (Ed).(2014) Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudjana, N &Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru Algensindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.