candi borobudur kerajaan di indonesia

E-BOOK BERBASIS ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN

Umar Yeni Suyanto - -, Tri Murwaningsih - -

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan maju, membuat masyarakat dunia tidak hanya memanfaatkan kemajuan teknologi hanya sebagai alat pemenuhan kebutuhan sehari–hari akan tetapi teknologi juga dimanfaatkan sebagai fasilitas pengembangan pendidikan dan riset.Perpaduan antara teknologi khususnya media pembelajaran maupun bahan ajar akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas pembelajaran dan hasil belajar. Standarisasi lulusan pendidikanlebih menekankan pada kompetensi dan pemahaman yang mendalam terhadap implementasi kompetensi yang diajarkan, hal ini menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan proses pembelajaran.Media e-bookberbasis active learningmenjadi solusi untuk dapat meningkatkan kompetensi siswa. Hal ini dapat membantu guru dalam proses pembelajaran, sehinga siswa lebih aktif, pembelajaran tidak membosankan serta siswa mampu menyerap materi yang diajarkan dengan cepat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi literatur dengan mencari referensi teori yang relevan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan. Referensi teori yang diperoleh dengan analisis studi literatur dijadikan sebagai fondasi dasar dan alat utama dalam menganalisis permasalahan dalam penelitian ini.penelitian ini menganalisis  implementasi pengembangan media e-book yang dikolaborasikan dengan beberapa tipe model active learningHasil studi literatur pada penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar dan motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dan dimaksimalkan dengan menerapkan model pembelajaran active learning melalui media e-book.

 

Kata kunci: media e-book, active learning

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anderson, Lorin dan Krathwohl, David. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arsyad.(2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Arwizet. 2014. “Pendidikan Kejuruan dan Pengaruhnya terhadap Peningkatan Kualitas Human Capital”. Jurnal APTEKINDO ke 7.FPTK Universitas Pendidikan Indonesia.

Atwi-Suparman, M..(2012). Desain Intruksional Modern.Jakarta : Erlangga.

Borchers,JanO.(1999).ElectronicBooks:Definition,Genre,InteractionDesignPattern,Austria: LinzUniversity.

Embong, A. M., Noor, M. A., Hashim, H. M., Ali, R. M., Shaari, Z. H. (2012). E-Books As Textbooks In The Classroom. Journal Elsevier: Social and Behavioral Sciences, 47, 1802-1809.

Kettunen, J., Mertanen, L. K., & Penttila, T. (2013).Innovation Pedagogy and Desired Learning Outcomes in Higher Education.On The Horison, 21 (4), 333-342.

Letchumanan, M & Tarmizi, R. A. (2010). Utilization Of E-Book Among University Mathematics Students. Journal Elsevier: Social and Behavioral Sciences, 8, 580–587.

Mulyasa, Enco (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara.

Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Bealajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.

Smith, CV and Cardaciotto, L. (2011), “Is active learning like broccoli? Student perceptions of active learning in large lecture classes”, Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, Vol. 11 No. 1, pp. 53-61.

Sudjana.2000. Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Luar Sekolah Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production. Cetakan ke III.

Walker, JD and Whiteside, A. (2009), “Active learning classrooms”, Transform, Vol. 4 No. 1,pp. 10-11.Effectiveness of active learning strategies

Wood, B. (2009), Lecture-Free Teaching: A Learning Partnership Between Science Educators and their Students, NSTA Press, Arlington, TX.

Wu, M. & Chen, S. (2011). Graduate Students’ Usage of and Attitudes Towards E-Books: Experiences from Taiwan. Program: Electronic Library and Information System, 45 (3), 294-307.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.