candi borobudur kerajaan di indonesia

HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SOFT SKILLS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 1 LABUHAN DELI T.P 2015/2016

Fahmi Ashari S. Sihaloho - -

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitianinibertujuanuntukmemahami hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan Soft Skills dengan prestasi belajar siswa. Denganmengetahuihalinidiharapkan guru dapatmeningkatkaninovasidalam proses pembelajaranekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Labuhan Deli yang berjumlah 159 orangdenganjumlah sampel sebanyak 48 orang siswa atau 30% dari populasi dengan metode Propotional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dandokumentasi. Hasil yang diperoleh darikorelasiantara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar yaitu 2,18yang lebihbesardari R tabledankorelasi antara Soft Skills dengan prestasi belajar yaitu  yanglebihkecildari R tabel. Secarasimultankorelasi antara kemampuan berpikir kritis dan Soft Skills dengan prestasi belajar yaitu 3,389yang lebihbesardari R table. Secarasimultankeduavariabelbebasmempengaruhisebesar 13,1%darivariabelterikat. Hal  ini  menunjukkan bahwa secara individual kemampuan berpikir kritis memiliki korelasi yang kuatdansignifikan terhadap prestasi belajarsiswa. Sementara Soft Skills hanyamemilikikorelasi yang rendahterhadapprestasibelajarsiswa.Namun, secarasimultanKemampuanBerpikirKritisdan Soft Skills memilikikorelasiterhadapprestasibelajarsiswa.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Soft Skills, Prestasi Belajar, Siswa SMAN 1 Labuhan Deli.

 

ABSTRACT

 

The purpose of this research is to understand the relationship between critical thinking skills and Soft Skills with student achievement. With knowing this topic, teachers can improve economic innovation in the learning proces.The research was conducted in SMA Negeri 1 Labuhan Deli Deli Serdang. The population in this study are all students of SMAN 1 Labuhan Deli, amounting to 159 people with a total sample of 48 students or 30% of the population by proportional random sampling method. The instrument used in this study was a questionnaire and documentation. Results obtained from the correlation between critical thinking skills and academic achievement that is 2.18,  greater than R table and Soft Skills correlation between academic achievement that is 0.027128, smaller than R table. Simultaneously correlation between critical thinking skills and Soft Skills and academic achievement is 3.389, greater than R table. Simultaneously two independent variables affecting 13.1% of the dependent variable. This shows that individually  critical thinking skills has a strong and significant correlation to student achievement. And soft Skills has a low correlation to student achievement.However, simultaneously Critical Thinking Skills and Soft Skills correlated to student achievement.

 

Keywords:   Critical Thinking Skills, Soft Skills, Students Achievement, Students of SMAN 1 Labuhan Deli.

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ali, Muhammad et all. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press.

Bardi. 2014. Pengaruh Soft Skills Terhadap Keterampilan Siswa. Jurnal Gardan. Vol.4, No.1, Agustus 2014, 15-27.

Fauzi, Erwin. 2012. Hubungan Antara Tingkat Pemahaman Soft Skills Dengan Nilai Praktik Proses Pemesinan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Piri I Yogyakarta. Skripsi: FT UNY.

Firikawati, Lina. 2010. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun pembelajaranan 2009/2010. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Ciputat: Gaung Persada (GP) Pres.

Lovy Herayanti dan Habibi. Korelasi Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis MahaSiswa Dengan Menggunakan Model Pembellajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer. Jurnal Kependidikan. Vol.12, No.2, 2013, 155-159.

Lubis, Effi A. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.

Milfayetty, Sri et al. 2015. Psikologi Pendidikan. Medan : PPs UNIMED.

Natawidjaja, Rochman et all. 2007. Rujukan Filsafat, Teori, dan Praktis Ilmu Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Press.

Nugroho, Kuniawan S. 2014. Hubungan Soft Skills Dengan Prestasi Pratik Industri Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Klaten Tengah. Skirpsi: FT UNY.

Patmawati, Herti. 2011. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Dengan Metode Praktikum. Skripsi: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Putra dan Pratiwi. 2005. Sukses Dengan Soft Skill: Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Sejak Kuliah. Bandung: Direktorat Pendidikan ITB.

Rosana, Lukas Nana. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol.3, No.1, Juni 2014, 34-44.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Santrock, Jhon W. 2008. Psikologi Pendidikan, edisi kedua (terjemahan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudana, I Made. 2014. Model pendidikan Soft Skill Untuk Calon SMK. Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke 7 FPTK Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. ISBN: 978-602-72004-0-1.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Purwanto dan Suharyadi. 2009. Statistika: untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Usman, Husaini. 2013. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Usyanto, Stanislaus S. 2009. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wicaksono, A. C. Candra. 2014. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi Dengan Strategi Reciprocal Teachhing. Jurnal Pendidikan Sains, Vol.2, No.2, Juni 2014, Hal.85-92, ISSN: 2338-9117.

Wulandari, Nadiah et al. 2011. Pengaruh Problem Based Learning Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar MahaSiswa. Jurnal Tekno-Pedagogi, Vol.1, No.1, Maret 2011, 14-24, ISSN: 2088-205X.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.