candi borobudur kerajaan di indonesia

YOUTUBE: TROBOSAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI BAGI MAHASISWA

Dwi Iga Luhsasi - -, Arief Sadjiarto - -

Abstract


ABSTRACT

 

This study starts from the problem of the using of technology-based learning media. Nowadays, this media more needed. Why? Because students more like learn using the technology than using the conventional method. But the utilization of economic-accounting learning media not being used optimally. There are economic-accounting learning media on YouTube have no interesting content. Contents that show on YouTube are about the hobby and art. So, the aim of this study is to know the properness of technology-based learning media development on YouTube. The subjects of this study are 2 expert test subjects and 24 trial test subjects. Trial test subjects are students of Economic Education FKIP UKSW. The result of this study is technology-based learning media can be used by students. This media proper as economic-accounting’s learning media. Hopefully, in the future studies can be able to improve the economic-accounting learning media on YouTube.

 

Key Words: Learning Media, YouTube, Economic-Accounting learning

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini berangkat dari permasalahan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Seiring berjalannya waktu, media pembelajaran berbasis teknologi semakin dibutuhkan. Hal ini disebabkan berubahnya gaya hidup para remaja/ mahasiswa yang lebih menyukai belajar dengan menggunakan teknologi, khususnya dari YouTube. Pemanfaatan YouTube di Indonesia untuk media pembelajaran ekonomi-akuntansi belum digunakan secara maksimal. Tidak banyak yang menyajikan materi-materi kuliah atau mata pelajaran ekonomi-akuntansi. Video pembelajaran terkait yang sudah adapun belum dapat merepresentatifkan konten dengan menarik. Selain itu, kebanyakan media YouTube digunakan untuk pembelajaran dibidang seni dan hobi. Oleh sebab itu, penelitian ini dibutuhkan untuk mengembangkan media pembelajaran ekonomi berbasis YouTube di kalangan remaja/ mahasiswa. Subjek penelitian terdiri dari subjek uji pakar dua orang, dan subjek uji coba yang adalah 24 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UKSW. Melalui video pembelajaran berbasis YouTube, produk yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan mahasiswa dalam proses belajar disamping adanya pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menujukkan produk video pembelajaran berbasis YouTube yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran ekonomi-akuntansi dan diharapkan untuk penelitian di masa yang akan datang mampu mengembangkan lagi media pembelajaran sejenis berbasis YouTube.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, YouTube, Pembelajaran Ekonomi-Akuntansi


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Ali, Muhamad. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro. Vol. 5 No. 1. Hal. 11-18.

Anitah, Sri. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Bere, Sigiranus Marutho. 2016. Jokowi: Anak Harus Dilindungi dari Dampak Negatif Teknologi. Kompas. Edisi Sabtu 30 Juli.

Bou et.al. 2012. Social Interaction in YouTube Text-Based Polylogues: A Study of Coherence. Journal of Computer-Merdiated Communication. Vol. 17. Hal. 501-521.

Combe, Christelle et.al. 2016. Vlogging: A New Channel for Language Learning and Intercultural Exchanges. Eurocall. Hal.119-124.

Darmawan, Reka et.al. 2016. The Development of Vlogging as Learning Media to Improve Student’s Learning Enthusiasm on MYOB Manufacture (Debt Card) Material. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 3.

Hamzah, Ardi. 2013. Pengaruh Sosiologi Kritis, Kreatifitas, Dan Mentalitas Terhadap Pendidikan Akuntansi. E-Journal UIN Malang. Vol.2 No.1.

Hess, Mary E. 2014. A New Culture of Learning: Digital Storytelling and Faith Formation. Dialog: A Journal of Theology. Vol. 53 No.1.

Hung, Shao Ting Alan et.al. 2015. Video Blogging and English Presentation Performance: A Pilot Study. Psychological Reports: Sociocultural Issues in Psychology. Hal. 614-630.

Kemendigbud. 2016. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendiknas. 2010. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Krasna, Marjan et.al. 2014. Video Learning Materials for Better Sudent’s Performance. CECIIS September. Hal. 130-137.

Mayoral et.al. 2010. YouTube Based Learning. FIG Congress. Edisi April. Hal. 11-16

Nistanto, Reska K. 2017. Ibu Ini Bangun Rumah Berbekal Video Tutorial di YouTube. Kompas. Edisi Selasa 24 Januari.

Nugrahani, Rahina. 2007. Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. LIK Unnes. Vol. 36 No.1. Hal. 35-44.

Pritandhari, Meyta et.al. 2015. Evaluasi Penggunaan Video Tutorial sebagai Media Pembelajaran Semester IV Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal PROMOSI. Vol. 3 No. 2. Hal. 11-20.

Raikos, Athanasios et.al. 2014. How Useful is YouTube in Learning Heart Anatomy?. Anatomical Sciences Education. Edisi 7. Hal. 12-18.

Riyana, Cepi. 2008. Peranan Teknologi dalam Pembelajaran. Universitas Indonesia. Jakarta.

Sianipar, Aritas Puica. 2013. Pemafaatan YouTube di Kalangan Mahasiswa. Flow. Vol. 2 No. 2.

Setyorini. 2016. Belajar Nyanyi Sampai Memasak, Semua Bisa dari YouTube. Kompas. Edisi Selasa 9 Februari.

Snelson, Chareen. 2015. Vlogging about School on YouTube: An Exploratory Study. SAGE new media & society. Vol. 17 (3). Hal. 321-339.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung; Remaja Rosda Karya.

Susanto dkk. 2014. Optimalisasi Perencanaan Video Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Web. Jurnal Bahasa & Sastra. Edisi Oktober. Vol. 14. No. 2.

Wahono, Tri. 2010. YouTube dan Facebook Jadi Media Belajar. Kompas. Edisi Senin 16 Agustus.

Wibawa, Shierine Wangsa. 2017. Belajar dari YouTube, Kini Fredy Wijaya Kolaborasi dengan Disney. Kompas. Edisi Jumat 3 Maret.

Widiartanto, Yoga Hastyadi. 2016. Mengapa ICMI Minta Pemerintah Blokir Google dan YouTube?. Kompas. Edisi Rabu 8 Juni.

Yuniati. 2014. Pemanfaatan Video Dokumenter Hasil Kajian Peninggalan Sejarah Sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education. Vol. 3 No. 2. Hal. 36-41.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.