candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKUNTANSI BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR DI SMK NEGERI 1 SURAKARTA

Dian Hermawati - -

Abstract


ABSTRAK

 

Akuntansi adalah suatu seni pencatatan transaksi keuangan. Pencatatan transaksi dapat dilakukan dengan metode atau pendekatan yang berbeda. Siswa dituntut untuk dapat berfikir kritis secara logis, analitis, dan sistematis untuk memecahkan berbagai variasi permasalahan yang ada dalam setiap materi. Bahan ajar harus dibuat berdasarkan metode tertentu agar dapat menarik siswa untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran. Metode pembelajaran inkuiri merupakan suatu metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk berfikir kritis, menganalisis suatu permasalahan hingga menemukan alternatif solusi untuk memecahkan permasalahan. Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar Akuntansi berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar pada siswa. Bahan ajar yang dikembangkan pada materi rekonsiliasi bank dan transaksi lain dan penyesuaian. Metode yang digunakan penelitian ini adalah research and development (R&D) yang mengadaptasi model penelitian pengembangan Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi pada SMK Negeri 1 Surakarta. Hasil validasi dan uji coba produk menunjukkan bahwa bahan ajar layak digunakan dalam pembelajaran. Bahan ajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar.

Kata Kunci : bahan ajar, akuntansi, berpikir kritis, rekonsiliasi, penyesuaian

 

ABSTRACT

Accounting is an art of recording financial transactions. Recording transactions can be performed by a different method or approach. Students are required to be able to think critically logically, analytically, and systematically to solve a wide variety of problems that exist in each material. Instructional materials should be made based on the specific methods in order to attract students to be active in the following study. Inquiry learning method is a method of learning that encourages students to think critically, analyze a problem to find alternative solutions to problems. The purpose of this research is to develop inquiry-based teaching materials accounting to improve critical thinking skills and learning achievement in students. Teaching materials developed in the material bank reconciliations and other transactions and adjustments. This research method used is research and development (R & D) which adapts the model of development research Borg & Gall. Subjects in this study is a class XI student of Accounting at SMK Negeri 1 Surakarta. The results of the validation and testing of the product showed that decent teaching materials used in learning. Teaching materials can enhance critical thinking skills and learning achievement.

Key words : teaching materials, accounting, critical thinking, reconciliation, adjustment.

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Danim, S. (2010). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta.

DEPDIKNAS. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta.

Fisher, A. (2007). Berpikir Kritis. Terjemahan. Benyamin Hadinata. Jakarta : Erlangga.

Gall, M., & Borg, W. (1983). Educational Research. New York: Longmann.

Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R. (2007). Educational Research. New York: Pearson Education.

Ibrahim, H. (2011). An Investigation on Teaching Materials Used in Social Studies Lesson. The Turkish Online Journal of Educational Technology. Vol .10, No.1, Hlm 36-44.

Johnson, E. (2006). Contextual Teaching & Learning.Terj. Ibnu Setiawan. Bandung: MLC.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Widodo, C, dan Jasmadi. (2001). Buku Panduan Menyusun Bahan Ajar Jakarta: Elex Media Komputindo

Yamin, M. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Yamin, M. (2013). Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: G P Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.