candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN VIDEO POWTOON SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN MATERI TEKS CERPEN DI SMAN 1 KARANGANOM

Zahra Salsabila, Alfi Fadhila, Izi Primassa, Nur Sulis Adi Nugroho, Chafit Ulya

Sari


Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teknologi dan informasi saat ini sudah mulai banyak dikembangkan. Media yang digunakan juga beragam beberapa diantaranya adalah media power point, canva, video, dan kelas digital. Lambat laun media tradisonal sudah mulai ditinggalkan dan materi berupa teks sastra tidak terlalu digemari. Hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya minat menulis siswa di sekolah mengenai teks sastra. Pada SMAN 1 Karanganom media pembelajaran
Bahasa Indonesia sudah menerapkan media yang berbasis TI untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Namun, dalam materi teks cerpen guru merasa memiliki hambatan dalam menyusun materi ke dalam bentuk media berbasis TI karena materi teks yang panjang. Berdasarkan hal tersebut penulis menawarkan opsi media yang dapat digunakan oleh guru dan sekolah dalam merevitalisasi muatan teks sastra dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam mengatasi hal tersebut penulis menggunakan powtoon sebagai media pendukung pembelajaran materi teks
cerpen pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sehingga dalam pembelajaran teks cerpen siswa dapat terbantu dengan media dalam bentuk video powtoon. Media belajar yang dikemas dalam bentuk video lebih menarik dan mempermudah siswa dalam memahami materi karena tidak hanya tampil berbentuk visual tetapi juga dalam bentuk audio.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.