candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA POWTOON PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAN KEBAKKRAKMAT

Rama Aji Dananto, Bulan Azzahra Puteri Barinto, Eva Widya Arlini, Vita Titania Salsabila, Yunita Nur Lestari, Chafit Ulya

Sari


Media pembelajaran memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran siswa.
Namun seringkali media pembalajaran saat ini kurang diminati karena cenderung monoton dan kurang menarik. Siswa saat ini lebih menyukai media pembelajaran yang berbasis audio dan visual daripada metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui media apa yang dibutuhkan oleh guru Bahasa Indonesia SMAN Kebakkramat, Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Design and Development, dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan studi literatur.
Wawanacara dilakukan bersama guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMAN
Kebakkramat, Karanganyar. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa media yang dibutuhkan adalah media yang berisi audio dan visual. Hal ini dapat ditunjukkan dengan siswa yang cenderung aktif saat menggunakan media pembelajaran audio dan visual. Peneliti melalukan pengembangan menggunakan media pembelajaran menggunakan Animasi Powtoon dan hasil pengembangan cocok dan layak digunakan untuk media pembelajaran Bahasa Indonesia untuk peserta didik jenjang SMA/SMK.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.