candi borobudur kerajaan di indonesia

PEMANFAATAN WORDWALL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 KARANGANYAR DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL)

Maryam Sri Muhaimini, Nidiatika Raidah Fati Nafisah

Sari


Pada pembelajaran abad 21 ini teknologi berkembang sangat pesat, sehingga perlu bagi seorang guru untuk menciptakan media pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan sekaligus berpihak pada peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman materi Bahasa Indonesia dengan media games interaktif Wordwall. Sasaran dalam penelitian ini adalah 34 peserta didik kelas VIII B SMP
Negeri 2 Karanganyar dengan menggunakan dua siklus pengambilan data. Data yang diperlukan yaitu hasil dari gim, angket kuesioner, obeservasi, wawancara, serta dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan media gim Wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Melalui TaRL guru mampu menyampaikan materi pembelajaran yang mengacu pada tingkat kemampuan peserta didik sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.