candi borobudur kerajaan di indonesia

INTEGRASI DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM TEKS NEGOSIASI PADA BUKU AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X

Kukuh Aria Nusantara, Nurul Yuwana Ningtyas

Sari


Profil pelajar Pancasila menjadi unsur penting di penerapan Kurikulum Merdeka. Pengembangan profil pelajar Pancasila bahkan melandasi kerangka dasar kurikulum baru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila dalam teks negosiasi pada buku ajar Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas X cetakan 2021. Metode dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data sampai penarikan simpulan. Sumber data
penelitian yaitu buku ajar Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas X cetakan 2021 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang mana di dalamnya memuat kurikulum merdeka. Unit analisis dalam penelitian ini mengenai muatan profil pelajar Pancasila yang terkandung dalam teks negosiasi. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengumpulan data dengan analisis secara cermat dan pencatatan tentang muatan nilai karakter yang ada dalam buku ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada teks negosiasi dalam buku ajar bahasa Indonesia terdapat muatan dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; mandiri; bergotong royong; berkebhinekaan global; bernalar kritis; dan kreatif.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.