candi borobudur kerajaan di indonesia

PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP WARGA SURAKARTA

Indah Setianingsih, Ishmah Istiqomah

Sari


Sebagai seorang guru perlu mengembangkan inovasinya dalam melakukan pembelajaran kepada peserta didik sehingga proses pembelajaran berjalan dengan menyenangkan dan yang utama yaitu mencapai pada tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam berkreasi untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dengan menggunakan aplikasi canva dan (2) Menganalisis penggunaan canva sebagai media pembelajaran. Penggunaan canva dalam pembelajaran guna untuk mengembangkan inovasi pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP. Penelitian ini bertempat di SMP Warga Surakarta yang dilakukan dengan dengan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data didapatkan dari pengamatan secara langsung pada peserta didik di kelas VII A SMP Warga Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan terkait pembuatan media pembelajaran menggunakan canva. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan canva sangat bermanfaat bagi guru dan peserta didik.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.