candi borobudur kerajaan di indonesia

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI KOMUNITAS SOLO MENGAJAR

Evi Handayani, Septiana Widya Pengesti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan upaya peningkatan keterampilan menulis cerita pendek siswa jenjang sekolah dasar yang belajar di Komunitas Solo Mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran experiential learning. Dalam penelitian ini, peningkatan keterampilan menulis dilakukan dalam tiga siklus. Siklus pertama adalah penyampaian materi menulis cerpen dan menentukan tema cerita. Siklus kedua adalah mengembangkan gagasan utama cerita yang bersumber dari kehidupan nyata siswa. Siklus ketiga adalah menulis cerita pendek. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa sekolah dasar yang belajar di Komunitas Solo Mengajar, sedangkan obyek penelitian ini adalah metode experiential learning dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis siswa sekolah dasar yang menjadi peserta didik di Komunitas Solo Mengajar. Metode experiential learning efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerita pendek, karena menekankan pengalaman nyata sebagai sumber cerita.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.