candi borobudur kerajaan di indonesia

KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI PROJECT BASED LEARNING DAN CIRC SISWA KELAS VII SMP

Amaylia Galuh Mitaviana, Sumarwati Sumarwati, Wahyu Prihatin Sayekti

Sari


Menulis surat resmi termasuk dalam materi bahasa Indonesia yang harus dipahami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VII SMP Negeri di Surakarta melalui model pembelajaran project based learning dan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Subjek penelitian ini adalah berjumlah 31 siswa. Metode penelitian menggunakan PTK (penelitian tindakan kelas) dengan jenis penelitian kauntitatif untuk memaparkan data angka. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siklus I hanya 26% siswa berhasil tuntas dan 74% siswa dinyatakan belum tuntas. Pada siklus II diperoleh data hasil persentase ketuntasan nilai siswa 100%. Rata-rata nilai siklus I yaitu 71,61 dan siklus II 83,71 sehingga terbukti bahwa model project based learning dengan metode CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis surat resmi. Pada siklus I siswa mengalami kesulitan menulis secara mandiri dan tanpa menggunakan ilustrasi. Selanjutnya dilakukan siklus II dengan menggunakan metode CIRC yang dilaksanakan secara diskusi berkelompok untuk memudahkan siswa serta diberikan ilustrasi singkat untuk ditulis menjadi surat resmi. Berdasarkan tindakan tersebut membuktikan bahwa model project based learning dengan metode CIRC berhasil memudahkan siswa dalam menulis surat resmi

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.