candi borobudur kerajaan di indonesia

OPTIMALISASI PENGAJARAN BAHASA MELALUI KEBUTUHAN BAHAN AJAR BERBASIS BUDAYA LOKAL KEISLAMAN DI BIPA UIN SURAKARTA

Afrizal Mufti, Andayani Andayani, Atikah Anindyarini

Sari


BIPA ditingkat PTKIN memiliki kekhasan dalam penyajian materi yaitu dengan menghadirkan materi berwawasan keislaman atau Islamic Studies. Salah satu hal yang menarik minat pemelajar asing adalah ingin mengetahui budaya daerah tempat mereka belajar. Misal dalam mengenalkan budaya lokal bernuansa keislaman di Surakarta. Namun demikian, upaya tersebut masih belum maksimal dikarenakan masih minimnya bahan ajar yang membahas secara khusus terkait materi budaya lokal keislaman. Belum ada buku atau bahan ajar yang khusus berisi materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar berwawasan budaya lokal keislaman sebagai upaya mengoptimalisasi pembelajaran bahasa di BIPA UIN Raden Mas Said Surakarta (UIN Surakarta). Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa belum ada bahan ajar secara khusus dalam membahas materi wawasan budaya lokal keislaman, selama ini bahan ajar yang digunakan dari buku terbitan Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) yaitu buku berjudul Sahabatku Indonesia. Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi pertimbangan penelitian selanjutnya dalam mengembangkan bahan ajar berbasis keislaman (Islamic Studies).

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.