candi borobudur kerajaan di indonesia

POTENSI PEMANFAATAN MEDIA POSTER DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI

Nova Yuandani Br Sinaga, Sarwiji Suwandi, Atikah Anindyarini

Sari


Menulis puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang dirasa sulit oleh peserta didik. Guru seringkali mengabaikan hal tersebut dikarenakan tidak mengetahui variasi media pembelajaran yang saat ini terus berevolusi sesuai dengan era yang terus maju. Artikel ini bertujuan untuk menggali media poster dan teknik akrostik sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini menggunakan metode riset kepustakaan yang mengumpulkan data, membaca dan mengolah bahan pustaka serta peralatan yang harus dipersiapkan dalam penelitian yang mempermudah peneliti dalam mendapatkan data. Melalui media pembelajaran poster diharapkan dapat membantu siswa dalam merangsang imajinasinya untuk menemukan ide dalam menulis puisi. Hal ini lah mengapa dibutuhkannya media pembelajaran poster yang didalam berisikan gambar serta tulisan yang mampu membantu siswa dalam melakukan proses tersebut. Selain itu teknik akrostik memberikan kemudahan dalam menulis puisi dikarenakan memberikan kemudahan kepada siswa dalam mengisi awal kalimat dalam puisi yang ditulis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran poster dan teknik akrostik dapat menjadi alternatif bagi guru dalamp pembelajaran menulis puisi.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.