candi borobudur kerajaan di indonesia

PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Dhiva Maulida Rizqi Nur’aini, Sarwiji Suwandi, Muhammad Rohmadi

Sari


Kemampuan dan keterampilan yang dimiliki manusia mendorong dirinya kreatif dan inovatif, salah satunya adalah keterampilan menulis. Keterampilan menulis secara umum sudah dibelajarkan sejak anak duduk di Sekolah Dasar. Meskipun demikian tidak sedikit para siswa yang mengalami hambatan dalam keterampilan menulis, termasuk dalam hal ini adalah keterampilan menulis teks prosedur di SMP. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur di SMP?, (2) kendala-kendala apakah yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur di SMP?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur di SMP dan untuk mengetahui kendala-kendala yang muncul dalam pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur di SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan paradigma kualitatif. Variabel yang diteliti adalah keterampilan menulis teks prosedur. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 1 Simo, Boyolali. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas VII dan beberapa perwakilan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur disajikan menggunakan model pembelajaran konvensional yang biasa dilaksanakan para guru kesehariannya. Guru lebih banyak menjelaskan prosedur atau langkah-langkah suatu proses dan jarang memberikan penugasan kepada siswa. Beberapa kendala yang muncul dalam pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur adalah (1) waktu yang disediakan terbatas sehingga pembelajaran kurang optimal, (2) guru kurang maksimal memanfaatkan media yang ada seperti youtube, alat peraga, dan sebagainya sehingga motivasi siswa mengikuti pembelajaran kurang optimal, dan (3) guru kurang intensif memberikan penugasan-penugasan terkait keterampilan menulis teks prosedur

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.