candi borobudur kerajaan di indonesia

HUBUNGAN MOTIVASI, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Indra Adhitama, Abdul Taram

Abstract


Abstrak: Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh banyak faktor. Motivasi belajar, lingkungan belajar di sekolah, dan kepercayaan diri siswa adalah beberapa faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan antara motivasi belajar, lingkungan belajar di sekolah, dan kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP  Negeri 3 Jetis Kabupaten  Bantul Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 191 siswa. Kelas sampel yang terpilih dengan menggunakan metode random sampling terhadap kelas yaitu kelas VII B sebanyak 32 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode angket dan metode tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji independensi. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment dan analisi regresi linier. Dari analisis data diperoleh hasil penelitian berikut : menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar (X1), lingkungan belajar di sekolah (X2), dan Kepercayaan diri siswa (X3) dengan hasil belajar matematika (Y) siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jetis Kabupaten Bantul Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014, dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,667 dan persamaan regresi linier ganda  dengan  =7,504016764 >  =2,95. Diperoleh sumbangan relatif X1 sebesar 4,53%, X2 sebesar 9,93%, dan X3 sebesar 85,54% serta sumbangan efektif X1 sebesar 2,02%, X2 sebesar 4,43%, dan X3 sebesar 38,12%. Hal ini menunjukan bahwa variabel kepercayaan diri siswa memiliki hubungan yang lebih besar terhadap hasil belajar matematika.

Kata Kunci:  Motivasi, Lingkungan Belajar, Kepercayaan Diri Siswa, Hasil Belajar Matematika

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.