candi borobudur kerajaan di indonesia

PERAN GURU DALAM MENTRANSFORMASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA

Ahmad Anis Abdullah

Abstract


Abstrak: Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keanekaragaman suku dan budaya. Setiap daerah memiliki budaya yang berbeda-beda dan turun menurun. Matematika merupakan salah satu ilmu yang muncul dari budaya. Oleh sebab itu, tidak mungkin memisahkan matematika dengan budaya. Pembelajaran matematika di sekolah harus diajarkan sesuai dengan budaya masing-masing. Apalagi di Indonesia yang kaya akan budaya, sudah seharusnya pembelajaran matematika diajarkan sesuai dengan budaya daerah. Seorang guru matematika memiliki peran penting dalam mentransformasi pembelajaran matematika berbasis budaya. Sehingga pembelajaran matematika bisa diterima lebih mudah, dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa, dan tidak terkesan sebagai sesuatu hal baru yang jauh dari kehidupan nyata. Ethnomatematika atau matematika budaya merupakan salah satu studi yang mengkombinasikan pembelajaran matematika dengan budaya. Oleh karena itu, guru memerlukan peran tambahan untuk mewujudkan pembelajaran matematika berbasis budaya.

Kata kunci: Pembelajaran Matematika, Ethnomatika, Peran Guru


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.