candi borobudur kerajaan di indonesia

KEEFEKTIFAN TEAM’S GAME TOURNAMENT DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEYEGAN)

Nuryadi Nuryadi, Nanang Khuzaini

Abstract


Abstrak: Cooperative learning tipe Teams Game Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran yang didalamnya terdapat tahapan-tahapan seperti permainan dan dapat membuat siswa berkomunikasi matematis, lebih kreatif, memiliki sikap yang positif terhadap matematika, dan tepat dalam menyelesaikan masalah matematika. Namun pada kenyataannya, kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah yang harus dimiliki oleh siswa sebagai hasil proses pembelajaran matematika memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan Cooperative learning tipe TGT pada pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah pada kelas VIII SMP N 1 Seyegan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksprerimen semu dengan pre-postest nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari empat kelas. Dari populasi yang ada, diambil secara acak dua kelas yaitu VIII A dan VIII C sebagai sampel penelitian. Pembelajaran matematika pada kelas VIII A (kelompok eksperimen) menggunakan Cooperative learning tipe TGT dan pembelajaran pada kelas VIII C (kelompok kontrol) menggunakan direct instruction. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah. Untuk menguji keefektifan pembelajaran digunakan analisis one sample t-tes. Sedangkan uji T2 hotteling dilanjutkan uji-t univariat digunakan untuk menentukan model yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: (1) Cooperative learning tipe TGT dan direct instruction dalam pembelajaran matematika efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah; dan (2) Cooperative learning tipe TGT lebih efektif baik terhadap kemampuan komunikasi dibandingkan direct instruction pada siswa kelas VIII SMPN 1 Seyegan.

Kata Kunci: TGT, Komunikasi Matematis, Pemecahan Masalah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.