candi borobudur kerajaan di indonesia

PROFIL KECERDASAN VISUAL-SPASIAL PADA SISWA KELAS IX SMPN 1 MOJOLABAN BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN

Ria Wahyu Wijayanti, Imam Sujadi, Sri Subanti

Abstract


Abstrak: Kecerdasan visual-spasial merupakan salah satu komponen penting matematika, khususnya yang berhubungan dengan geometri ruang. Kecerdasan visual-spasial memerlukan adanya pemahaman perspektif, bentuk-bentuk geometris, menghubungkan konsep spasial dengan angka, kemampuan dalam mentransformasi mental dari bayangan visual. Hal-hal tersebut juga diperlukan dalam belajar matematika. Penelitian ini bertujuanĀ  untuk mengetahui profil kecerdasan visual-spasial siswa perempuan dan laki-laki kelas IX SMPN 1 Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif eksploratif dengan pendekatan studi kasus. Prosedur pemilihan subjek dengan menggunakan snowball sampling. Data penelitian berupa profil kecerdasan visual-spasial siswa perempuan dan laki-laki. Instrumen penelitian adalah peneliti dengan tes kecerdasan visual-spasial dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara berbasis tugas. Validitas data menggunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan berdasarkan indikator karakteristik kecerdasan visual-spasial, yang terdiri dari pengimajinasian, pencarian pola, pemecahan masalah, dan pengonsepan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal geometri ruang: (1) siswa perempuan mampu menemukan suatu pola dari permasalahan, menyelesaikan suatu permasalahan dengan berbagai macam strategi secara tepat, dan dapat menemukan konsep suatu permasalan serta mengaitkan permasalahan dengan pengetahuan sebelumnya, dan (2) siswa laki-laki mampu mengimajinasikan suatu permasalahan secara tepat.

Kata Kunci: Kecerdasan, Visual-Spasial, Laki-laki, Perempuan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.