candi borobudur kerajaan di indonesia

KREATIVITAS GURU SMA DALAM MENYUSUN SOAL RANAH KOGNITIF DITINJAU DARI PENGALAMAN KERJA

Merisa Kartikasari, Tri Atmojo Kusmayadi, Budi Usodo

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru SMA dalam menyusun soal khususnya pada mata pelajaran matematika serta tingkat ranah kognitif soal yang disusun guru SMA yang ditinjau dari pengalaman kerja guru. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah lima guru matematika SMA N 1 Cawas. Subjek penelitian dikelompokkan berdasarkan pengalaman kerjanya yaitu subjek guru senior dan guru pemula. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kajian dokumen, wawancara, dan angket. Validitas data menggunakan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif menggunakan model analisis data dari Miles dan Huberman. Kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut. 1) Pada tingkatan mengingat, kedua subjek mengkombinasikan tingkatan mengingat dengan tingkatan aplikasi. Pada tingkatan mengerti, soal yang disusun subjek guru senior menuntut keterampilan siswa untuk dapat mengubah soal ke bentuk lain, sedangkan subjek guru pemula hanya seputar pemahaman konsep dan rumus. Soal yang disusun subjek guru senior tidak dapat diselesaikan langsung, melainkan harus diubah sesuai konteks soal, sedangkan soal yang disusun subjek guru pemula dapat langsung diselesaikan pada tingkatan aplikasinya. Tingkatan menganalisis yang disusun subjek guru senior mengenai pemecahan masalah logaritma, polinomial dalam bentuk aljabar, dan mengenai pembuktian suatu pernyataan. Sebagian besar soal yang disusun kedua subjek merupakan soal dengan tingkatan aplikasi. 2) Subjek guru senior dan guru pemula termasuk kategori kreatif menyusun soal.

Kata kunci: Kreativitas, Matematika, Ranah Kognitif, Pengalaman Kerja

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.